Record Details

Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah: Moderasi Beragama

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah: Moderasi Beragama
 
Creator Rinda Fauzian
Hadiat
Peri Ramdani
Mohamad Yudiyanto
 
Description Abstrak
 
Penelitian ini berdasarkan adanya fenomena sikap intoleran yang terjadi pada siswa. Hal ini memunculkan sikap kekhawatiran dari para guru, Lembaga Pendidikan, hingga pemerintah dalam menyikapi sikap intoleran tersebut. Sementara itu, hadirnya Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 sebagai pedoman implementasi kurikulum pada madrasah menjawab kekhawatiran tersebut dengan menyisipkan penguatan moderasi beragama berbasis kearifan lokal di madrasah. Hasil penelitian ini menunjukan, penguatan moderasi beragama berbasis kearifan lokal di madrasah dapat membentuk budaya berpikir moderat melalui metode pembiasaan, pembudayaan dan pemberdayaan. Setelah dianalisis, bentuk penguatan moderasi beragama berbasis kearifan lokal dan implikasinya terhadap pembentukan budaya berpikir moderat pada siswa antara lain: (1) Bentuk penguatan moderasi beragama ke dalam mata pelajaran, muatan lokal dan ekstrakurikuler ialah melalui metode pembiasaan yang aplikasinya dengan kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan. Pembiasaan tersebut menjadi produk budaya siswa dan dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat (pemberdayaan), (2) Implikasi dari penguatan moderasi beragama berbasis kearifan lokal ialah siswa yang memiliki budaya berpikir moderat dalam pemikiran, perbuatan dan Gerakan. Manifestasi dari sikap tersebut ialah siswa memiliki sikap komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi dan mengakomodasi budaya lokal.
 
Kata Kunci: Moderasi, Kearifan lokal, Moderat.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2021-06-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/933
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 1 (2021): Juni 2021; 1-14
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/933/664
 
Rights Copyright (c) 2022 Rinda Fauzian, Hadiat, Peri Ramdani, Mohamad Yudiyanto
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0