Record Details

Pengaruh Pembelajaran Hadits Al-Arba’in terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Pembelajaran Hadits Al-Arba’in terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Madrasah
 
Creator Suraida, Asvia
 
Description Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya, (2) mengetahui akhlak siswa di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah terhadap akhlak siswa dan untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah terhadap akhlak siswa di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, menggunakan tehnik analisis deskriptif, analisis korelasi Product Moment dan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin Surabaya dikatakan cukup baik, hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata tentang hasil angket siswa sebesar 55 yakni terletak pada interval 55 – 57 dengan prosentase 20 %, (2) akhlak siswa di Madrasah Diniyah Raudlotul Muta’allimin dikatakan sangat baik, hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata tentang hasil angket siswa sebesar 56 yakni terletak pada interval 55 – 57 dengan prosentase 24 %, (3) pembelajaran hadits Al-Arba’in An-Nawawiyyah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akhlak siswa, koefisien korelasi 0,643 pada interval 0,60 – 0,79 dengan taraf signifikan 5 % (0,396), yang dapat dicari seberapa besar garis pengaruhnya dan garis linier yang dibentuk ialah Y = 22,193 + 0,621 X.
 
Kata Kunci: Pembelajaran Hadits Al-Arb’ain An-Nawawiyyah, Akhlak Siswa.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2020-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/530
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020; 138-147
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/530/425
 
Rights Copyright (c) 2020 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0