Record Details

Analisis Penggunaan Gadget: Studi Kasus terhadap Perilaku Keagamaan Remaja

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Penggunaan Gadget: Studi Kasus terhadap Perilaku Keagamaan Remaja
 
Creator Mukminiati, Ummahatul
Ibrahim, Duski
Bukhori, K.A
Sandi, Ari
 
Description Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis penggunaan gadget tehadap perilaku keagamaan remaja, menganalisis dampak negatif dan positif penggunaan gadget terhadap perilaku keagamaan remaja, dan untuk menganalisis perilaku keagamaan remaja di Desa Kuang Dalam Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah remaja. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, verifikasi data, dan triangulasi. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh remaja umumnya digunakan sebagai alat komunikasi melalui media sosial saja, terdapat dampak positif dan negatif dalam penggunaan gadget di kalangan remaja, dampak positifnya adalah memperlancar komunikasi dan negatifnya adalah remaja suka menunda-nunda dalam hal beribadah, perilaku keagamaan remaja suka menunda-nunda shalat akan tetapi mereka tetap melaksanakannya
 
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perilaku Keagamaan Remaja.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2020-11-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/504
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020; 180-197
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/504/428
 
Rights Copyright (c) 2020 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0