Analisis Penggunaan Gadget: Studi Kasus terhadap Perilaku Keagamaan Remaja
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Penggunaan Gadget: Studi Kasus terhadap Perilaku Keagamaan Remaja
|
|
Creator |
Mukminiati, Ummahatul
Ibrahim, Duski Bukhori, K.A Sandi, Ari |
|
Description |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis penggunaan gadget tehadap perilaku keagamaan remaja, menganalisis dampak negatif dan positif penggunaan gadget terhadap perilaku keagamaan remaja, dan untuk menganalisis perilaku keagamaan remaja di Desa Kuang Dalam Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah remaja. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, verifikasi data, dan triangulasi. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh remaja umumnya digunakan sebagai alat komunikasi melalui media sosial saja, terdapat dampak positif dan negatif dalam penggunaan gadget di kalangan remaja, dampak positifnya adalah memperlancar komunikasi dan negatifnya adalah remaja suka menunda-nunda dalam hal beribadah, perilaku keagamaan remaja suka menunda-nunda shalat akan tetapi mereka tetap melaksanakannya Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perilaku Keagamaan Remaja. |
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
|
|
Date |
2020-11-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/504
|
|
Source |
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020; 180-197
2541-3961 2541-2051 10.12345/alwijdn.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/504/428
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|