Record Details

Dinamika Pendidikan Pesantren di Pulau Jawa: Integrasi Sejarah dan Kearifan Lokal

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Dinamika Pendidikan Pesantren di Pulau Jawa: Integrasi Sejarah dan Kearifan Lokal
 
Creator Hanif, Muhammad
 
Description Abstrak
Hakikat pendidikan Nusantara adalah pendidikan pondok pesantren. Dinamika berdirinya lembaga tersebut memberikan banyak multitafsir berkaitan dengan keberadaannya yang disebut sebagai lembaga pendidikan tradisional. Artikel ini memuat tentang perjalanan pesantren, komponen, dan kearifan lokal sebagai ciri khas dari eksistensi pendidikan pesantren yang tradisional ditinjau berdasarkan hasil studi literatur dalam perspektif akademisi Barat dan Nusantara. Oleh karena itu, kajian yang secara rinci mendeskripsikan kontribusi tokoh pendiri pesantren ke-dalam bentuk kongkrit menjadi sangat penting, sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi para generasi penerus dalam menyebarkan ajaran Islam di masa yang akan datang.
 
Kata Kunci: Dinamika Pesantren, Sejarah dan kearifan local.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2020-06-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/464
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 5 No. 1 (2020): Juni 2020; 33-45
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/464/390
 
Rights Copyright (c) 2020 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0