Record Details

Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman
 
Creator Oktavia, Lidia
Muchtar, Aflatun
Zainuri, Ahmad
Sandi, Ari
 
Description Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pendidikan anak dalam keluarga ditinjau dari perspektif Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19. Metode pendidikan yang diterapkan Luqman kepada anaknya adalah menggunakan metode-metode keagamaan yang berbasis pada tauhid. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka (library reasearch). Komponen yang terdapat dalam surat Luqman ini adalah pendidik, peserta didik, metode pendidikan anak, materi pendidikan serta tujuan pendidikan. Luqman sebagai pendidik sedangkan anaknya sebagai peserta didik. Metode pendidikan anak yang diterapkan Luqman adalah metode nasihat (maw’idah), keteladanan (qudwah hasanah) dialog (al-hiwar), pembiasaan (tadriib) dan kisah-kisah (qissoh). Tujuan pendidikan Luqman terhadap anaknya adalah ketaqwaan, keimanan serta aklaq yang mulia.
 
Kata Kunci: Metode Pendidikan Anak, Surat Luqman ayat 13-19.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2020-11-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/458
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020; 148-166
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/458/426
 
Rights Copyright (c) 2020 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0