Record Details

Korelasi Manajemen Kelas dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Terhadap Perilaku Takdzim Santri

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Korelasi Manajemen Kelas dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Terhadap Perilaku Takdzim Santri
 
Creator dachlian, defi
 
Description Abstrak
Dalam lembaga pendidikan di pesantren manajemen kelas dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran kitab kuning yang berkualitas. Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan suasana  belajar yang baikdan menarik bagi santri, dengan harapan dapat memahami kandungan makna dlam setiap kitab kuning yang diajarkan sehingga santri mempunyai perilaku takdzim yang baik kepada setiap orang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) korelasi antara manajemen kelas dengan perilaku takdzim santri di Pondok Pesantren Nurut taqwa Sangkapura Gresik. (2) korelasi antara kemampuan membaca kitab kuning dengan perilaku takdzim santri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa, (3) korelasi antara manajemen kelas dan kemampuan membaca kitab kuning secara bersamaan dengan perilaku takdzim santri di Pondok pesantren Nurut Taqwa Sangkapura Gresik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metodologi kuantitatif, teknik pengumpulan data penyebaran angket, wawancara, dan observasi. Teknik sampel dengan 50 santri sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan system SPSS 23 dengan uji prasyarat: uji normalitas data, uji regresi ganda, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian dari analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1). Tidak ada korelasi yang positif dan signifikan antara manajemen kelas terhadap perilaku takdzim santri, karena nilai r hitung < dari r table (-0,068<0,279). 2) ada korelasi positif yang signifikan antara kemampuan membaca kitab kunig terhadap perilaku takdzim santri karena hasil dari  r hitung > dari r table (0,476 > 0,279). 3) ada korelasi antara Manajemen Kelas dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning terhadap Perilaku Takdzim Santri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa, dari hasil perhitungan dan analisis data yang telah dilakukan maka didapat perolehan nilai dari rx1,2y = 0,490 dengan p=0,002 dan F=7,421 dan sesuai dengan kaidah dalam uji hipotesis maka hasil yang didapatkan adalah sangat signifikan.
Kata Kunci: manajemen kelas, kemampuan membaca kitab, perilaku takdzim.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/367
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 4 No. 2 (2019): November 2019; 187-202
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/367/239
 
Rights Copyright (c) 2019 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0