Record Details

Penggunaan Media Bergambar Untuk Meningkatkan Tata Cara Berwudhu Siswa Autis

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Media Bergambar Untuk Meningkatkan Tata Cara Berwudhu Siswa Autis
 
Creator kamaliah, dina
 
Description Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tata cara berwudhu khususnya untuk peserta didik autis. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas VIIni dilakukan dalam 2 siklus tindakan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui sejauh mana peserta didik dapat melakukan wudhu dengan runtut dan benar. Agar dapat mengetahui adanya keberhasilan peserta didik dalam berwudhu, maka dilaksanakan tes wudhu. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, bahwa penggunaan Media Bergambar pada mata pelajaran PAI pada pokok bahasan wudhu peserta didik autis kelas VII SMPLB Putra Jaya Kota Malang meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas belajar, yakni pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64%. Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 75,56%. Serta hasil belajar peserta didik meningkat, ketuntasan klasikal mencapai 80% dari ketuntasan klasikal yang di tetapkan yaitu 70%. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan Media Bergambar juga meningkat hingga mencapai keberhasilan 96% yang termasuk dalam kategori baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan media bergambar pada pembelajaran PAI pokok bahasan berwudhu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam berwudhu.
 
Kata kunci: Media bergambar, Tata cara wudhu, Autis
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2019-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/326
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 4 No. 2 (2019): November 2019; 203-213
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/326/240
 
Rights Copyright (c) 2019 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0