Record Details

Strategi Media Pembelajaran Ritatoon Untuk Meningkatkan Daya Ingat Gerakan Sholat Siswa Tunagrahita Ringan

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Media Pembelajaran Ritatoon Untuk Meningkatkan Daya Ingat Gerakan Sholat Siswa Tunagrahita Ringan
 
Creator Khairiyah, Karunia Yulinda
 
Description Abstrak
Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan saat ini menaruh perhatian khusus terhadap peningkatan kuwalitas layanan pendidikan pada siswa berkebutuhan khusus, salah satunya adalah siswa tunaghrahita. Siswa tungahrahita merupakan anak yang memililiki kelainan dan keterabatasan secara intelektual, di mana kecerdasan yang dimiliki tergolong sangat rendah dengan IQ rata-rata 68-52%. Dalam konteks ini, perkembangan kognitif anak tunagrahita yang terjadi pada setiap fase seringkali gagal dalam melakukan transfer persepsi verbal dan non-verbal. Akibatnya, anak tunagrahita lemah dalam mengingat, baik mengingat jangka panjang maupun jangka pendek. Gangguan tersebut dapat menghambat perkembangan pendidikannya, terutama pada materi gerakan sholat, di mana siswa tuangrahita masih belum mampu menghapal dan mempraktekkan gerakan-gerakan sholat secara benar. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan daya ingat gerakan sholat pada anak tunagrahita ringan sebelum menggunakan media ritatoon, menggambarkan kemampuan daya ingat gerakan doa pada anak tunagrahita ringan setelah menggunakan media ritatoon. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pra Eksperimental dalam bentuk desain One pretest posttest. Instrumen penelitian adalah tes tertulis dan tes kinerja. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji anova tes tulis memperoleh hasil sig. 0,000. Karena nilai excact sig. < taraf nyata (α = 0,05), dan hasil uji anova tes kinerja memperoleh hasil sig. 0,001. Karena nilai excact sig. < taraf nyata (α = 0,05), maka Ho ditolak. Yang artinya strategi media pembelajaran ritatoon dapat meningkatkan daya ingat gerakan sholat siswa tunagrahita ringan kelas V.
Kata Kunci: Media ritatoon, daya ingat gerakan sholat, tunagrahita ringan.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2019-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/302
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 4 No. 1 (2019): Juni 2019; 29-39
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/302/198
 
Rights Copyright (c) 2019 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0