Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning
|
|
Creator |
Wildan, Khoirul
fuad, A. Jauhar |
|
Description |
Abstrak Penguasaan ilmu nahwu shorof yang memadai sangat dibutuhkan untuk dapat membaca dan menulis serta menterjemahkan kitab kuning, sedangkan nahwu shorof sedari dulu dianggap sulit untuk mengkonsep dan memahami teorinya dalam pembelajaran yang mudah. Karenanya, ketepatan sebuah metode bahasa arab sangat dibutuhkan. Metode Tamyiz merupakan metode yang praktis untuk pembelajaran terjemah Al-Qur’an dan kitab kuning. Hizbul Kaafi merupakan salah satu lembaga kursus bahasa arab yang menerapakan metode Tamyiz dalam salah satu program pembelajarannya, padahal penerapan metode Tamyiz di sekolah dan di madrasah terbilang jarang. Tulisan ini mengunkap implentasi dan system evaluasi metode Tamyiz dalam pembelajaran baca kitab kuning di Hizbul Kaafi Pare Kediri. Penelitian merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif deskriptif, di mana sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan sekunder, dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data. Uji keabsahan datanya menggunakan Uji Credibility dengan bentuk perpanjangan pengamatan, triangulasi, peningkatan kecermatan, analisis kasus negative, dan member check. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran baca kitab kuning dengan metode Tamyiz, merupakan bentuk gabungan dari pembelajaran tradisional (Traditional Classes), metode pengajaran langsung (Explicit Instruction), dan model pembelajaran Quantum yaitu sebuah model yang membiasakan belajar menyenangkan demi meningkatkan minat belajar sampai hasil belajar peserta secara menyeluruh. (2) Hasil penilaian observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tamyiz mendapat skor 75% yang berarti baik. (3) Evaluasi metode Tamyiz di Hizbul Kaafi menggunakan evaluasi sumatif dan formatif. (4) Kemampuan peserta didik keseluruhannya sudah mencapai nilai KKM (75) yang berarti pembelajaran baca kitab kuning dengan metode tamyiz terbilang efektif. Kata Kunci: Metode Tamyiz, Pembelajaran Baca Kitab Kuning. |
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
|
|
Date |
2019-06-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/301
|
|
Source |
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 4 No. 1 (2019): Juni 2019; 91-105
2541-3961 2541-2051 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/301/202
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|