Pengembangan Bahan Khutbah Berbasis Peace Education Sebagai Upaya Mereduksi Terorisme dan Radikalisme Agama: Pengembangan Bahan Khutbah Berbasis Peace Education
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Bahan Khutbah Berbasis Peace Education Sebagai Upaya Mereduksi Terorisme dan Radikalisme Agama: Pengembangan Bahan Khutbah Berbasis Peace Education
|
|
Creator |
Saifuddin, Saifuddin
|
|
Description |
ABSTRAK Perdamaian menjadi tujuan besar di seluruh dunia seiring dengan munculnya berbagai peristiwa yang menciderai semangat perdamaian. Dalam konteks wacana publik, konsep perdamaian nampaknya masih menjadi agenda serius untuk dijadikan program yang sistematis dan berkelanjutan oleh semua pihak. Khutbah jum’at merupakan media dakwah yang memiliki fungsi pembentukan akhlaq, etika, ataupun karakter para jama’ah. Mimbar khutbah jum’at dapat dijadikan sebagai alternatif solusi untuk mencegah bahkan menghilangkan aksi-aksi terorisme yang muncul sebagai akibat dari gerakan radikalisme agama. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan mengimplementasikan pengembangan bahan-bahan khutbah berbasis peace education. Untuk keperluan penelitian dengan menjadikan isu-isu peace education sebagai latar pembahasan, maka tema yang dingkat ada 6 yaitu: cara Rasulullah menebarkan kasih sayang pada umatnya, belajar toleransi beragama dari Nabi Muhammad SAW, menghindari rasisme, dosa pertama iblis laknatullah, tauhid sebagai akar sikap terbuka pada kebinekaan, larangan ekstremisme dalam Islam, dan Islam menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Kata kunci: khutbah, peace education, terorisme, radikalisme agama |
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
|
|
Date |
2018-06-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/125
|
|
Source |
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 3 No. 1 (2018): Juni 2018; 21-32
2541-3961 2541-2051 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/125/76
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
|
|