Record Details

Pendidikan Agama pada Siswa Muslim dan Non-Muslim di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Agama pada Siswa Muslim dan Non-Muslim di SMAN 1 Tanjunganom Nganjuk
 
Creator Fuad, A. Jauhar
 
Description Abstrak  
Pendidikan agama menjadi kebutuhan dasar bagi siswa. Sekolah berkewajiban memberikan pendidikan agama pada setiap siswa pada semua satuan pendidikan. Tulisan ini mengangkat (1) urgensi pendidikan agama bagi siswa, (2) landasan dan aspek yang mendungkung pelaksanaan pendidikan agama, dan (3) implementasi pendidikan agama pada siswa muslim dan non-muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan; (1) pendidikan agama sangat penting bagi siswa muslin atau pun non-muslim. Agama menjadi petunjuk bagi para penganutnya, dengan belajar agama kehidupan siswa lebih terarah, (2) keberdaan undang-undang menjadi landasan yuridis bagi pelaksanaan kebijakan pendidikan agama. Aspek yang mendukung pelaksanaan pendidikan agama yakni: guru yang professional; sarana dan prasarana; buku di perpustakaan; kegiatan salat berjamaah dan salat Jumat; dan peringatan hari besar Islam, (3) implementasi pendidikan Agama berjalan dengan baik. Siswa muslim belajar agama pada jam yang sudah terjadwalkan, sedangkan siswa non muslim belajar agama pada hari Jumat, di saat siswa muslim melaksanakan salat Jumat. Dari 11 siswa mereka belajar dalam satu ruangan yang sama, sehingga dalam prakteknya hampir sama dengan pembelajaran kelas rangkap. Dalam pelaksanaan pendidikan agama semua guru agama mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik.
Kata Kunci: Pendidikan Agama, Siswa Muslim dan Non-Muslim, Undang-undang Sisdiknas.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2018-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/124
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 3 No. 1 (2018): Juni 2018; 65-89
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/124/75
 
Rights Copyright (c) 2018 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies