Record Details

Perencanaan Pendidikan Ala Nabi

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perencanaan Pendidikan Ala Nabi
 
Creator Rahman, Kholilur
 
Description Abstrak
Kesuksesan memimpin suatu organisasi atau masyarakat tidak dapat terjadi begitu saja tanpa memiliki kemampuan memimpin diri sendiri (self leadership). Kesuksesan seseorang tidak akan lengkap tanpa memiliki kompetensi ini. Keberhasilan kepemimpinan Rasulullah di bidang pendidikan tidak terlepas dari kemampuan beliau dalam memimpin diri sendiri. Meskipun Rasulullah Saw dibimbing oleh wahyu dalam setiap gerak dan langkahnya, namun juga melakukan berbagai perencanaan yang matang demi tercapainya tujuan. Perencanaan adalah membuat suatu target yang akan dicapai atau diraih di masa depan. Terdapat beberapa ayat al Qur’an yang secara implisit sebenarnya mengandung anjuran bagi umat Islam untuk memperhatikan perencanaan, misalnya: QS. An Nisa (4): 71, QS. Al Anfal (8): 60, QS. Yusuf (12): 47-49, dan QS. Al Kahfi (18): 94-95. Perencanaan pendidikan yang diaplikasikan oleh Rasulullah Saw tampak dari beberapa peristiwa sejarah seperti: ketika mengidentifikasi masalah ketika ber-khalwat di gua Hira, pemilihan rumah al-Arqam sebagai lembaga pendidikan, perencanaan hijrah ke Habasyah, pemilihan dua Umar; perencanaan hijrah ke Madinah, perumusan kebijakan di Madinah, mempersaudarakan Muhajirin dan Anshar, perumusan Piagam Madinah, dan persetujuan Perjanjian Hudaibiyah.
Kata Kunci: Rasulullah, Perencanaan, Pendidikan
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2018-09-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/123
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 3 No. 1 (2018): Juni 2018; 90-109
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/123/73
 
Rights Copyright (c) 2018 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies