Record Details

Upaya Guru Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Guru Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa
 
Creator no name, Rahmatullah
 
Description Abstrak
Penelitian tentang upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi degradasi moral siswa ini sangat menarik dan unik, karena pertama penelitian ini dilakukan di lingkungan pendidikan Islam swasta yang sangat menjunjung tinggi akhlakul karimah dan atau karakter siswa. Kedua, latar belakang pendidikan siswa yang berbeda meskipun mayoritas berasal dari lulusan MI al Hidayah. Ketiga, menurut hemat peneliti belum ada penelitian sejenis yang mengangkat tema tentang upaya guru dalam mengatasi degradasi moral siswa tingkat menengah pertama khususnya madrasah tsanawiyyah (MTs). Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor degradasi moral siswa dan upaya guru dalam mengatasi degradasi moral siswa di MTs Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. sedangkan pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi, pengecekan kawan sejawat, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini sebagai berikut: pertama, beberapa faktor yang menyebabkan degradasi moral siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor degradasi moral yang tumbuh dari diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor degradasi moral yang disebabkan pengaruh dari luar diri siswa. Kedua, Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi degradasi moral siswa dilakukan dengan upaya preventif, persuasif, represif dan kuratif.
Kata kunci: upaya guru, degradasi moral siswa.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2018-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/122
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 3 No. 1 (2018): Juni 2018; 126-145
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/122/72
 
Rights Copyright (c) 2018 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies