Record Details

TUBIBA (Tubian Baca) Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TUBIBA (Tubian Baca) Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa
 
Creator Zulvarina, Prima
 
Description ABSTRAK
Kita kurang menyadari bahwa rendahnya minat baca membawa efek negatif yang tidak kecil. Banyak contoh akibat kurang cintanya masyarakat terhadap buku. Mereka cenderung terpesona dengan budaya pop yang kerap menjerumuskan pada tindakan seperti vandalisme, tawuran, narkoba, dan tindakan lain yang merusak fisik maupun jiwa. Lebih-lebih media elektronik (televisi dan internet), yang kebanyakan berisi tayangan hiburan, pornografi, iklan komersial, dan hal-hal hedonistis lainnya menjauhkan masyarakat dari budaya membaca. Artikel ini akan membahas tawaran solusi atas permasalahan minat baca tersebut. Solusi dari tawaran permasalahan minat baca adalah dengan metode drill atau bisa disebut dengan metode TUBIBA (Tubian Baca). TUBIBA adalah keberadaan proses yang dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan. Diharapkan, melalui proses drill tersebut, siswa dapat dimodifikasi perilakunya atau dibentuk kebiasaannya. Pada akhirnya, siswa menjadi biasa membaca dan memunyai minat baca yang baik. Desain TUBIBA di dalam kelas adalah dengan drill membaca dilaksanakan pada setiap pertemuan setiap mata pelajaran selama kurang lebih lima belas menit. Selain itu dengan memilih bahan bacaan yang tepat oleh guru merupakan kunci keberhasilan dari metode TUBIBA.
Kata Kunci : membaca, minat baca, metode TUBIBA.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2018-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/120
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 3 No. 1 (2018): Juni 2018; 56-64
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/120/77
 
Rights Copyright (c) 2018 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies