Record Details

Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Upaya Membentuk Karakter Religius Siswa

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Upaya Membentuk Karakter Religius Siswa
 
Creator Achadah, alif
 
Description Abstrak
Perubahan atau pengembangan kurikulum merupakan sesuatu yang tidak bisa terelakkan dalam proses pengembangan pendidikan. Dimana pun pendidikan berada kurikulum harus selalu mengalami penyesuaian atau beradaptasi dengan perkembangan masyarakat. Begitu juga dengan kurikulum pendidikan di Indonesia terus berkembang, dari Rentjana Pembeladjaran 1947 hingga kurikulum 2013 .Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini lebih menekankan pada pendidikan karakter. Melalui kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi ini diharapkan mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat. Adapun fokus penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada implementasi kurikulum 2013, bagaimana pelaksanaan pembelajarannya, serta bagaimana dampak dari implementasi kurikulum 2013 tersebut pada pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajarannya, bagaimana pelaksanaan pembelajarannya,serta bagaimana dampak dari implementasi kurikulum 2013 tersebut pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembentukan religiusitas siswa. Adapun jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian kali ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dalam prakteknya menggunakan metode observasi terlebih dahulu. Ketika peneliti sudah melakukan observasi maka tahab selanjutnya adalah interview, wawancara, dan pengumpulan data yang dilakukan kepada pihak-pihak yang terkait yang dapat memberikan informasi dan data yang diperlukan.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2018-06-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/118
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 3 No. 1 (2018): Juni 2018; 110-125
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/118/78
 
Rights Copyright (c) 2018 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies