Analisis Faktor Kecerdasan Mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Ditinjau Dari Teori Multiple Intelligence
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Faktor Kecerdasan Mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Ditinjau Dari Teori Multiple Intelligence
|
|
Creator |
Inayati, Isna Nurul
|
|
Description |
Salah satu deskripsi profil lulusan Program Studi PGMI STAI Raden Rahmat Malang adalah sebagai Guru kelas di jenjang MI/SD dan sederajat yang memiliki 4 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Ditetapkannya Guru Kelas sebagai salah satu profil lulusan PGMI ini tentunya berdampak pada kompetensi yang harus dimiliki oleh para calon lulusannya. Selain dituntut untuk memiliki pemahaman lebih terkait tipe kecerdasan peserta didik, mahasiswa PGMI dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran dijenjang Madrasah Ibtidaiyah yang notabene memiliki tingkat kompleksitas tinggi. Bersadarkan paparan tersebut, maka penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan yang dimiliki mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Malang ditinjau dari teori Multiple Intelligence, kemudian menentukan tipe kecerdasan dominan yang mereka miliki. Analisis hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kurikulum dan pelaksanaan perkuliahan di Program Studi PGMI STAI Raden Rahmat Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis observasional. Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan jumlah responden 30 mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Malang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan Analisis Faktor. Berdasarkan alat analisis yang digunakan diketahui bahwa faktor kecerdasan musikal tidak bisa digunakan untuk menganalisis kecerdasan mahasiswa PGMI dan secara umum tipe kecerdasan mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Malang termasuk dalam kategori kecerdasan sosial yang terdiri kecerdasan kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan kecerdasan naturalis. Key World: Kecerdasan, Mahasiswa PGMI, Multiple Intelligence |
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
|
|
Date |
2016-11-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/10
|
|
Source |
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 1 No. 1 (2016): (November 2016); 83-93
2541-3961 2541-2051 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/10/32
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies
|
|