Record Details

Analisis Faktor Kecerdasan Mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Ditinjau Dari Teori Multiple Intelligence

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Faktor Kecerdasan Mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Ditinjau Dari Teori Multiple Intelligence
 
Creator Inayati, Isna Nurul
 
Description Salah satu deskripsi profil lulusan Program Studi PGMI STAI Raden Rahmat Malang adalah sebagai Guru kelas di jenjang MI/SD dan sederajat  yang memiliki 4 kompetensi, yaitu  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Ditetapkannya Guru Kelas sebagai salah satu profil lulusan  PGMI ini tentunya berdampak pada kompetensi yang harus dimiliki oleh para calon lulusannya. Selain dituntut untuk memiliki pemahaman lebih terkait tipe kecerdasan peserta didik, mahasiswa PGMI dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran dijenjang Madrasah Ibtidaiyah yang notabene memiliki tingkat kompleksitas tinggi. 
Bersadarkan paparan tersebut, maka penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan yang dimiliki mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Malang ditinjau dari teori Multiple Intelligence, kemudian menentukan tipe kecerdasan dominan yang mereka miliki. Analisis hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kurikulum dan pelaksanaan perkuliahan di Program Studi PGMI STAI Raden Rahmat Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis observasional. Data dikumpulkan dengan kuesioner dengan jumlah responden 30 mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Malang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan Analisis Faktor.
Berdasarkan alat analisis yang digunakan diketahui bahwa faktor kecerdasan musikal tidak bisa digunakan untuk menganalisis kecerdasan mahasiswa PGMI dan secara umum tipe kecerdasan mahasiswa PGMI STAI Raden Rahmat Malang termasuk dalam kategori kecerdasan sosial yang terdiri kecerdasan kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan kecerdasan naturalis.
Key World: Kecerdasan, Mahasiswa PGMI, Multiple Intelligence
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2016-11-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/10
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 1 No. 1 (2016): (November 2016); 83-93
2541-3961
2541-2051
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/10/32
 
Rights Copyright (c) 2017 AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies