Record Details

Kemampuan self control mahasiswa ditinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion

Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kemampuan self control mahasiswa ditinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion
Kemampuan Self Control Ditinjau Dari Perilaku Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Mahasiswa
 
Creator Elnina, Dita Rizkya
 
Subject Fashion; Impulsive Buyin; Shopping; Self Control
Fashion; Impulsive Buying; Belanja; Self Control
 
Description Manusia memiliki kebutuhan yang tidak ada ujungnya termasuk dalam hal berbelanja. Saat ini berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, melainkan juga untuk memenuhi gaya hidup. Berbelanja tanpa pertimbangan merupakan hal yang biasa terjadi pada remaja akhir ataupun dewasa awal khususnya para mahasiswa. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peranan kontrol diri terhadap individu yang mengalami perilaku impulsive buying pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 389 responden dengan kriteria mahasiswa aktif program sarjana, berusia 17-25 tahun, dan suka membeli produk fashion (baik online maupun offline). Teknik pengumpulan data menggunakan skala self control dan mpulsive buying yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji hipotesis menyatakan bahwa nilai t hitung = -24,100 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,600 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel self control (X) terhadap impulsive buying (Y) sebesar 60%. Dengan kata lain, , self control mempengaruhi perilaku impulsive buying terhadap produk fashion pada mahasiswa. Semakin tinggi kemampuan individu dalam menerapkan self control, maka semakin rendah kemungkinan individu mengalami perilaku impulsive buying. Sebaliknya, semakin rendah kemampuan individu dalam menerapkan self control, maka semakin tinggi kemungkinan individu mengalami perilaku impulsive buying.
Manusia memiliki kebutuhan yang tidak ada ujungnya termasuk dalam hal berbelanja. Saat ini berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, melainkan juga untuk memenuhi gaya hidup. Berbelanja tanpa pertimbangan merupakan hal yang biasa terjadi pada remaja akhir ataupun dewasa awal khususnya para mahasiswa. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peranan kontrol diri terhadap individu yang mengalami perilaku impulsive buying pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 389 responden dengan kriteria mahasiswa aktif program sarjana, berusia 17-25 tahun, dan suka membeli produk fashion (baik online maupun offline). Teknik pengumpulan data menggunakan skala self control dan mpulsive buying yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji hipotesis menyatakan bahwa nilai t hitung = -24,100 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,600 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel self control (X) terhadap impulsive buying (Y) sebesar 60%.
 
Publisher Program Studi Psikologi
 
Date 2022-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/955
10.36636/psikodinamika.v2i1.955
 
Source Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi; Vol. 2 No. 1 (2022): Volume 2 No 1: Januari 2022; 01-19
Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi; Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 No 1: Januari 2022; 01-19
2775-2860
2746-8070
10.36636/psikodinamika.v2i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/955/711
 
Rights Copyright (c) 2022 Dita Rizkya Elnina
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0