Record Details

Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli

Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli
Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli
 
Creator Mukkaromah, Lailatul
Vardia, Melly Amalia
 
Subject Minat Belajar
Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP NU Al-Fudloli dengan 50 responden dan sampel sebanyak 40 responden yang diambil megunakan teknik sampling purposive. Teknik pengunpulan data menggunakan nilai ulangan harian semester ganjil dan skala minat belajar dari skala milik Pangestuti (2012) berdasarkan teori dalam buku Slameto (2010) yang terdiri dari 22 item dengan validitas 21 item valid dan reliabilitas 0.880. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistical program for social science) versi 24.0 for windows.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP NU Al-Fudloli dengan nilai sig yang diperoleh adalah 0.000. Dengan hasil tabel determinasi 4.9 diperoleh besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu nilai R sebesar 0.953. dari oautput tersebut diperoleh koefisien determinasi R Square 0.908, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar 90,8 %. Hal ini seperti yang dikatakan Slameto (2013 dalam Kusumo, 2016) minat memiliki pengaruh besar terhadap belajar baik proses maupun hasilnya, yaitu bila pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar sebaik-baiknya, karna tidak ada daya tarik baginya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP NU Al-Fudloli dengan 50 responden dan sampel sebanyak 40 responden yang diambil megunakan teknik sampling purposive. Teknik pengunpulan data menggunakan nilai ulangan harian semester ganjil dan skala minat belajar dari skala milik Pangestuti (2012) berdasarkan teori dalam buku Slameto (2010) yang terdiri dari 22 item dengan validitas 21 item valid dan reliabilitas 0.880. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistical program for social science) versi 24.0 for windows.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP NU Al-Fudloli dengan nilai sig yang diperoleh adalah 0.000. Dengan hasil tabel determinasi 4.9 diperoleh besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu nilai R sebesar 0.953. dari oautput tersebut diperoleh koefisien determinasi R Square 0.908, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar 90,8 %. Hal ini seperti yang dikatakan Slameto (2013 dalam Kusumo, 2016) minat memiliki pengaruh besar terhadap belajar baik proses maupun hasilnya, yaitu bila pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar sebaik-baiknya, karna tidak ada daya tarik baginya.
 
Publisher Program Studi Psikologi
 
Date 2021-07-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/733
10.36636/psikodinamika.v1i2.733
 
Source Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi; Vol. 1 No. 2 (2021): Juli 2021; 117-124
Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi; Vol 1 No 2 (2021): Juli 2021; 117-124
2775-2860
2746-8070
10.36636/psikodinamika.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/733/565
 
Rights Copyright (c) 2021 Lailatul Mukkaromah, Melly Amalia Vardia
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0