Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli
Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli
Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli |
|
Creator |
Mukkaromah, Lailatul
Vardia, Melly Amalia |
|
Subject |
Minat Belajar
Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam |
|
Description |
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP NU Al-Fudloli dengan 50 responden dan sampel sebanyak 40 responden yang diambil megunakan teknik sampling purposive. Teknik pengunpulan data menggunakan nilai ulangan harian semester ganjil dan skala minat belajar dari skala milik Pangestuti (2012) berdasarkan teori dalam buku Slameto (2010) yang terdiri dari 22 item dengan validitas 21 item valid dan reliabilitas 0.880. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistical program for social science) versi 24.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP NU Al-Fudloli dengan nilai sig yang diperoleh adalah 0.000. Dengan hasil tabel determinasi 4.9 diperoleh besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu nilai R sebesar 0.953. dari oautput tersebut diperoleh koefisien determinasi R Square 0.908, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar 90,8 %. Hal ini seperti yang dikatakan Slameto (2013 dalam Kusumo, 2016) minat memiliki pengaruh besar terhadap belajar baik proses maupun hasilnya, yaitu bila pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar sebaik-baiknya, karna tidak ada daya tarik baginya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP NU Al-Fudloli dengan 50 responden dan sampel sebanyak 40 responden yang diambil megunakan teknik sampling purposive. Teknik pengunpulan data menggunakan nilai ulangan harian semester ganjil dan skala minat belajar dari skala milik Pangestuti (2012) berdasarkan teori dalam buku Slameto (2010) yang terdiri dari 22 item dengan validitas 21 item valid dan reliabilitas 0.880. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistical program for social science) versi 24.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP NU Al-Fudloli dengan nilai sig yang diperoleh adalah 0.000. Dengan hasil tabel determinasi 4.9 diperoleh besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu nilai R sebesar 0.953. dari oautput tersebut diperoleh koefisien determinasi R Square 0.908, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar 90,8 %. Hal ini seperti yang dikatakan Slameto (2013 dalam Kusumo, 2016) minat memiliki pengaruh besar terhadap belajar baik proses maupun hasilnya, yaitu bila pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar sebaik-baiknya, karna tidak ada daya tarik baginya. |
|
Publisher |
Program Studi Psikologi
|
|
Date |
2021-07-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/733
10.36636/psikodinamika.v1i2.733 |
|
Source |
Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi; Vol. 1 No. 2 (2021): Juli 2021; 117-124
Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi; Vol 1 No 2 (2021): Juli 2021; 117-124 2775-2860 2746-8070 10.36636/psikodinamika.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/733/565
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Lailatul Mukkaromah, Melly Amalia Vardia
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|