Record Details

Persepsi Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah terhadap Minat Siswa Berkonsultasi

Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Persepsi Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah terhadap Minat Siswa Berkonsultasi
Persepsi Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah terhadap Minat Siswa Berkonsultasi
 
Creator El Rahma, Zakiah Nadya
Kholisna, Titin
 
Subject Guidance and counseling Services
Interest in Consulting
Perception
Layanan Bimbingan dan Konseling
Minat Berkonsultasi
Persepsi
 
Description Pentingnya Layanan Bimbingan dan Konseling dalam membimbing dan mendampingi siswa dalam proses menempuh pendidikannya. Namun demikian, banyak siswa yang masih enggan dan ragu untuk berkonsultasi dan memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling karena berbagai faktor, salah satunya adalah persepsi siswa itu sendiri. Berbagai pengalaman yang dirasakan dan dialami siswa dari lingkungannya, membentuk suatu persepsi yang mendasari sikap dan perilaku siswa sebagai reaksi terhadap apa yang dipikirkannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dengan minat siswa berkonsultasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII dan IX Mts Miftahul Huda Turen. Adapun Instrumen penelitian yang digunakan merupakan skala likert dengan teknik analisis data statistik menggunakan rumus Correlation Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi Layanan bimbingan dan konseling di sekolah dengan minat berkonsultasi siswa kelas VIII dan IX Mts Miftahul Huda Turen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pentingnya peran persepsi siswa pada layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dalam kaitannya dengan minat siswa untuk berkonsultasi, membuat hasil dari penelitian ini dapat menjadi tambahan wawasan bagi pihak-pihak terkait dalam upaya memaksimalkan peran dan program Layanan Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah.
The importance of Guidance and Counseling Services in guiding and accompanying students in the process of taking their education. However, many students are still reluctant and hesitant to consult and take advantage of Guidance and Counseling services due to various factors, one of which is the students' own perceptions. The various experiences that students feel, form a perception that underlies students 'attitudes and behavior as a reaction to what they think. The purpose of this study was to determine the relationship between perceptions of guidance and counseling services in schools with students' interest in consulting. This research uses a correlational quantitative approach. The research subjects were students of class VIII and IX Mts Miftahul Huda Turen. The research instrument used is a Likert scale with statistical analysis techniques using the Pearson Correlation formula. The results showed there was a positive relationship between perceptions of guidance and counseling services  with the interest in consulting. So it can be concluded the importance of student perceptions in Guidance and Counseling services with student interest in consulting, making the results of this study can be an additional insight for the parties involved in an effort to maximize the role and program of the Guidance and Counseling Service in school.
 
Publisher Program Studi Psikologi
 
Date 2021-04-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/582
10.36636/psikodinamika.v1i1.582
 
Source Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi; Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021; 1-7
Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi; Vol 1 No 1 (2021): Januari 2021; 1-7
2775-2860
2746-8070
10.36636/psikodinamika.v1i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/582/435
 
Rights Copyright (c) 2020 Zakiah Nadya El Rahma, Titin Kholisna
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0