Record Details

Pengaruh Penyesuaian Warna pada Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap Kemampuan Working Memory pada Anak Autisme

Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Penyesuaian Warna pada Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap Kemampuan Working Memory pada Anak Autisme
Pengaruh Penyesuaian Warna pada Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap Kemampuan Working Memory pada Anak Autisme
 
Creator Irdiansyah, Khairana
Nawangsari, Nur Aini Fardana
 
Subject colors
PECS
working memory
autism
warna
PECS
working memory
autisme
 
Description This study aims to determine the effect of colors adjustment on the Picture Exchange Communication System (PECS) on the ability of Working Memory in children with autism. The study was conducted at Autism Training Center (PLA) Sidoarjo and Ceria PAUD Airlangga University with the number of subjects as many as 4 children, with details of 2 children of hyposensitive autism and 2 children hypersensitive autism. The research method used is a Quasi Experiment. The intervention tool during the study was 15 color adjusted PECS images according to Birren's color theory (2010) and Brewster's color theory, created in 1831, under the most hypnotic hypersensitive and hypersensitive conditions according to Mostafa (2008). As for the instrument pretest and posttest researchers use the theory of short-term memory from Atkinson (2014) with the aim to know whether the subject can understand the information with a maximum time of 30 seconds.Based on the results of data analysis using statistical analysis Wilcoxon Signed Rank Test, it was found that there is nosignificant influence between the color on PECS on the ability of working memory of children with autism because the significance value of 0.180 because the number of subjects that are too few is 4 children. However, from the results of pretest posttest graphs and researcher notes, the four subjects experienced a considerable increase in scores. This study focuses on how color affects PECS to improve working memory in children with autism because in previous PECS studies that have been conducted by other researchers, no one has focused on color adjustment in PECS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian warna padaPicture Exchange Communication System (PECS) terhadap kemampuan WorkingMemory pada anak autisme. Penelitian ini dilakukan di Pusat Latihan Autisme (PLA)Sidoarjo dan PAUD Ceria Universitas Airlangga dengan jumlah subjek sebanyak 4anak, dengan rincian 2 anak autisme hiposensitif dan 2 anak autisme hipersensitif.Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Alat intervensi selama penelitian berupa 15 gambar PECS yang sudah disesuaikan warnanya menurut teori warna Birren (2010) dan teori warna Brewster yang diciptakan pada tahun 1831, dengan kondisi autisme hiposensitif dan hipersensitif menurut Mostafa (2008) yang dibuat sendiri oleh peneliti. Sedangkan untuk instrument pretest dan posttest peneliti menggunakan teori short-term memory dari Atkinson (2014) dengan tujuan untuk mengetahui apakah subyek dapat memahami informasi dengan waktu maksimal 30 detik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menggunakan analisis statistik Wilcoxon Signed Rank Test, diperoleh bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara warna pada PECS terhadap kemampuan working memory anak autisme karena nilai signifikansinya 0.180 karena jumlah subyek yang terlalu sedikit yaitu 4 anak. Akan tetapi dari hasil grafik pretest posttest serta catatan peneliti, keempat subyek mengalami peningkatan skor yang cukup banyak. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengaruh warna terhadap PECS untuk meningkatkan working memory pada anak autisme karena pada penelitian PECS yang sudah dilakukan oleh peneliti lain sebelumnya, belum ada yang berfokus pada penyesuaian warna pada PECS
 
Publisher Program Studi Psikologi
 
Date 2021-01-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/561
10.36636/psikodinamika.v1i1.561
 
Source Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi; Vol. 1 No. 1 (2021): Januari 2021; 8-30
Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi; Vol 1 No 1 (2021): Januari 2021; 8-30
2775-2860
2746-8070
10.36636/psikodinamika.v1i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/psikodinamika/article/view/561/436
 
Rights Copyright (c) 2021 Khairana Irdiansyah, Nur Aini Fardana Nawangsari
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0