PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Mts AL ISLAM BANTUR KABUPATEN MALANG
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Mts AL ISLAM BANTUR KABUPATEN MALANG
|
|
Creator |
Maida, Nur Al
Khoiro, Widatul |
|
Subject |
Hasil Belajar
Mata Pelajaran IPS Model Pembelajaran Talking Stick |
|
Description |
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas VIII C pada mata pelajaran IPS. Hal ini diketahui dari 27 siswa kelas VIII C yang mengikuti ujian akhir semester ganjil hanya 3 siswa yang dinyatakan tuntas. Serta ketuntasan klasikal kelas VIII C hanya sebesar 11%. Hal ini menunjukkan rendahnya nilai hasil belajar kognitif siswa kelas VIII C. Penelitian dilaksanakan di sekolah MTs Al Islam pada kelas VIII C dengan jumlah 27 siswa, pada semster genap tahun ajaran 2020/2021. Model pembelajaran Talking stick diterapkan pada mata pelajaran IPS yaitu pada materi “Perubahan Masyarakat Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat (4) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada siklus 1 yaitu dari ketuntasan klasikal yang hanya 11% menjadi 44,45% meningkat menjadi 81,48%. Dari data hasil penelitian yang telah disebutkan diatas, penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan dalam penelitian ini dikarenakan model pembelajaran Talking Stick dapat membuat siswa aktif dan giat dalam proses pembelajaran yang berdampak baik pada hasil belajar kognitif siswa. yaitu setelah Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia. Abstrak merupakan intisari yang menggambarkan isi manuskrip. Bagian ini berisi latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari penelitian. Abstrak ditulis menggunakan font TNR-10. Jarak antarbaris 1 spasi. Abstrak maksimal berisi 250 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf. Abstrak tidak memuat sitasi, rumus, tabel dan gambar.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2022-03-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1235
10.33379/primed.v2i1.1235 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 59-66
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 59-66 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1235/730
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Nur Al Maida, Widatul Khoiro
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|