PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS
|
|
Creator |
Rofiah, Lailatul
Maslahah, Wafiyatu Anwar, Khoirul |
|
Subject |
Model Pembelajaran
Picture And Picture Hasil Belajar |
|
Description |
Suatu pembelajaran dinyatakan berhasil apabila sudah tercapainya ketuntasan dalam belajar serta tercapainya tujuan pembelajaran. Pada Madrasah Tsanawiya Al-Islam Kecamatan Bantur ketuntasan belajar masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan studi pendahuluan hasil rata-rata nilai ulangan akhir semester ganjil (UAS) Mata Pelajaran IPS pada kelas VII A Tahun Ajaran 2020-2021, dari 30 Siswa Kelas VII A hanya 15 siswa (50%) mendapat predikat tuntas dan 15 Siswa (50%) dinyatakan tidak tuntas dari standard KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil selajar siswa kelas VII A MTs-Al-Islam pada Tahun 2020/2021 semester genap melalui penerapan model pembelajaran picture and picture, dengan target siswa tuntas KKM minimal 70% pada siklus pertama dan minimal 85% pada siklus kedua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), yang sangat menekankan pada proses pembelajaran. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A MTs-Al-Islam dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIIA MTs Al-Islam dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture. dengan nilai rata-rata awalnya 76,68 dengan 15 siswa berpredikat tuntas serta presentase ketuntasan 50% mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,20 dengan 23 siswa berpredikat tuntas dengan presentase ketuntasan 77% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan kembali menjadi 82,95 dengan 27 siswa berpredikat tuntas dengan presentase ketuntasan 90%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2022-03-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1234
10.33379/primed.v2i1.1234 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 51-58
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 51-58 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1234/729
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Lailatul Rofiah, Wafiyatu Maslahah, Khoirul Anwar
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|