Record Details

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS
 
Creator Rofiah, Lailatul
Maslahah, Wafiyatu
Anwar, Khoirul
 
Subject Model Pembelajaran
Picture And Picture
Hasil Belajar
 
Description Suatu pembelajaran dinyatakan berhasil apabila sudah tercapainya ketuntasan dalam belajar serta tercapainya tujuan pembelajaran. Pada Madrasah Tsanawiya Al-Islam Kecamatan Bantur ketuntasan belajar masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan studi pendahuluan hasil rata-rata nilai ulangan akhir semester ganjil (UAS) Mata Pelajaran IPS pada kelas VII A Tahun Ajaran 2020-2021, dari 30 Siswa Kelas VII A hanya 15 siswa (50%) mendapat predikat tuntas dan 15 Siswa (50%) dinyatakan tidak tuntas dari standard KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil selajar siswa kelas VII A MTs-Al-Islam pada Tahun 2020/2021 semester genap melalui penerapan model pembelajaran picture and picture, dengan target siswa tuntas KKM minimal 70% pada siklus pertama dan minimal 85% pada siklus kedua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), yang sangat menekankan pada proses pembelajaran. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A MTs-Al-Islam dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIIA MTs Al-Islam dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture. dengan nilai rata-rata awalnya 76,68 dengan 15 siswa berpredikat tuntas serta presentase ketuntasan 50% mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,20 dengan 23 siswa berpredikat tuntas dengan presentase ketuntasan 77% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan kembali menjadi 82,95 dengan 27 siswa berpredikat tuntas dengan presentase ketuntasan 90%.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2022-03-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1234
10.33379/primed.v2i1.1234
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 51-58
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 51-58
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1234/729
 
Rights Copyright (c) 2022 Lailatul Rofiah, Wafiyatu Maslahah, Khoirul Anwar
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0