Record Details

PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III
 
Creator Ulfa, Nanik
Hidayatullah, Moh Rizki
 
Subject Bahan belajar mandiri
Hasil belajar
Tematik
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang materi manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia yang disampaikan secara daring yang membuat siswa bingung saat menyelesaikan soal terkait materi manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia. Siswa juga belum dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran sehingga belajar yang didapat tidak maksimal. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and Development (R&D), dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji kelayakan serta keefektifan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket/ lembar validasi. Hasil penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berupa media bahan belajar mandiri. Dari hasil bahan belajar mandiri yang telah dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan desain. Berdasarkan hasil validasi materi menunjukkan bahan belajar mandiri memiliki tingkat kelayakan 98,07% yang termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil validasi desain menunjukkan bahan belajar mandiri memiliki tingkat kelayakan 93,3% yang termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba skala sedang dilakukan kepada 15 siswa dengan memperoleh presentase siswa 98,33% Sehingga bahan belajar mandiri dinyatakan sangat dibutuhkan untuk meningkatkanhasil belajar siswa, dan sangat berkontribusi sebagai penunjang pembelajaran.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2022-03-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1233
10.33379/primed.v2i1.1233
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 43-50
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 43-50
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1233/728
 
Rights Copyright (c) 2022 Moh Rizki Hidayatullah, Nanik Ulfa
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0