Record Details

KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG
 
Creator Yanti, Yulia Eka
Anifia, Maylin Putri
 
Subject Korelasi
perhatian orang tua
tanggung jawab belajar siswa
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya tanggung jawab belajar siswa di SDN 02 Pakisaji selama pembelajaran daring yang dilakukan selama new normal. Faktor yang paling berpengaruh adalah hubungan orang tua  dan anak, khususnya dalam  hal pengawasan dan perhatian dalam hal aktivitas belajar. Berdasarkan permasalahn tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan responden sejumlah 160 siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi,  angket. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan perhitungan analisis regresi diperoleh nilai ????ℎ????????????????????= 350,639 dan nilai signifikansi 0,000, sesuai persyaratan signifikansi >0,05 dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 68,9%  terhadap tanggung jawab belajar siswa. Hal ini berarti bahwa perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar siswa saling berhubungan serta meningkat atau menurunnya tanggung jawab belajar siswa ditentukan oleh perhatian orang tua sebesar 68,9%.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2022-03-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1231
10.33379/primed.v2i1.1231
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 27-34
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 27-34
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1231/726
 
Rights Copyright (c) 2022 Yulia Eka Yanti, Maylin Putri Anifia
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0