KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS VI SD SE-KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG
|
|
Creator |
Yanti, Yulia Eka
Anifia, Maylin Putri |
|
Subject |
Korelasi
perhatian orang tua tanggung jawab belajar siswa |
|
Description |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya tanggung jawab belajar siswa di SDN 02 Pakisaji selama pembelajaran daring yang dilakukan selama new normal. Faktor yang paling berpengaruh adalah hubungan orang tua dan anak, khususnya dalam hal pengawasan dan perhatian dalam hal aktivitas belajar. Berdasarkan permasalahn tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan responden sejumlah 160 siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, angket. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan perhitungan analisis regresi diperoleh nilai ????ℎ????????????????????= 350,639 dan nilai signifikansi 0,000, sesuai persyaratan signifikansi >0,05 dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VI SD se-Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 68,9% terhadap tanggung jawab belajar siswa. Hal ini berarti bahwa perhatian orang tua dan tanggung jawab belajar siswa saling berhubungan serta meningkat atau menurunnya tanggung jawab belajar siswa ditentukan oleh perhatian orang tua sebesar 68,9%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2022-03-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1231
10.33379/primed.v2i1.1231 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 27-34
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 27-34 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1231/726
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Yulia Eka Yanti, Maylin Putri Anifia
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|