PENGEMBANGAN MEDIA TALPIN MATA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN MEDIA TALPIN MATA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD
|
|
Creator |
Cholifah, Tety Nur
Kutipah, Kutipah |
|
Subject |
Media Talpin
Hasil Belajar |
|
Description |
Penelitian ini dilatar belakangi adalah adanya masalah yang terdapat di SD Negeri 2 klepu yaitu kurangnya sarana prasana yang memadahi di sekolah dan siswa kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran sehingga hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2019/2020 mata pelajaran Tematik menurun. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaiamana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Talpin pada pelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 ciri-ciri makhluk hidup. Sedangkan tujuanya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Klepu dalam Pelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 ciri-ciri makhluk hidup. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Klepu dengan menggunakan subjek 15 siswa kelas III SD tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Hasil belajar dengan menggunakan 3 ranah yaitu aspek kognitif dengan presentase peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tematik 60% aspek afektif dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 83%, aspek psikomotorik dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media TALPIN (Tabel Pintar) pada materi Ciri-ciri makhluk hidup kelas III SD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2022-03-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1230
10.33379/primed.v2i1.1230 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 16-26
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 16-26 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1230/725
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Tety Nur Cholifah, Kutipah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|