Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA TALPIN MATA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA TALPIN MATA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD
 
Creator Cholifah, Tety Nur
Kutipah, Kutipah
 
Subject Media Talpin
Hasil Belajar
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi adalah adanya masalah yang terdapat di SD Negeri 2 klepu yaitu kurangnya sarana prasana yang memadahi di sekolah dan siswa kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran sehingga hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2019/2020 mata pelajaran Tematik menurun. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaiamana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Talpin pada pelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 ciri-ciri makhluk hidup. Sedangkan tujuanya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Klepu dalam Pelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 ciri-ciri makhluk hidup. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Klepu dengan menggunakan subjek 15 siswa kelas III SD tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Hasil belajar dengan menggunakan 3 ranah yaitu aspek kognitif dengan presentase peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tematik 60% aspek afektif dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 83%, aspek psikomotorik dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media TALPIN (Tabel Pintar) pada materi Ciri-ciri makhluk hidup kelas III SD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2022-03-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1230
10.33379/primed.v2i1.1230
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022; 16-26
Primary Education Journals; Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022; 16-26
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/1230/725
 
Rights Copyright (c) 2022 Tety Nur Cholifah, Kutipah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0