Record Details

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR
 
Creator Azis, Khusnul Khotimah
Wibowo, Andi
 
Subject Model Think Pairs Share (TPS)
Hasil Belajar
 
Description Inovasi dalam menerapkan metode atau model perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TPS pada pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen Nonequivalent Control Group yang memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara random. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Subyek penelitian adalah 41 siswa kelas III SDN 2 Sumberejo Kecamatan Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57% dan nilai posttest sebesar 78% dengan persentase peningkatan sebesar 21%. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 47% dan nilai posttest sebesar 63% dengan persentase peningkatan sebesar 16%. Hasil uji t = 2,097 Sig. 0,043 < 0,05 dan dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh pada pembelajaran tematik yang menggunakan model TPS.
 
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-08-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/889
10.33379/primed.v1i2.889
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus 2021; 81-90
Primary Education Journals; Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021; 81-90
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/889/599
 
Rights Copyright (c) 2021 Husnul Khotimah Azis, Andi Wibowo
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0