PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR
|
|
Creator |
Azis, Khusnul Khotimah
Wibowo, Andi |
|
Subject |
Model Think Pairs Share (TPS)
Hasil Belajar |
|
Description |
Inovasi dalam menerapkan metode atau model perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TPS pada pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen Nonequivalent Control Group yang memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara random. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Subyek penelitian adalah 41 siswa kelas III SDN 2 Sumberejo Kecamatan Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57% dan nilai posttest sebesar 78% dengan persentase peningkatan sebesar 21%. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 47% dan nilai posttest sebesar 63% dengan persentase peningkatan sebesar 16%. Hasil uji t = 2,097 Sig. 0,043 < 0,05 dan dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh pada pembelajaran tematik yang menggunakan model TPS. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2021-08-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/889
10.33379/primed.v1i2.889 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus 2021; 81-90
Primary Education Journals; Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021; 81-90 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/889/599
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Husnul Khotimah Azis, Andi Wibowo
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|