PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN EKO (KEGIATAN EKONOMI) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN EKO (KEGIATAN EKONOMI) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
|
|
Creator |
Pratama, Sindy Muthia Putri
Yanti, Yulia Eka |
|
Subject |
Papan Eko
Kegiatan Ekonomi Aktivitas belajar |
|
Description |
Pengembangan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) ini dilakukan karena siswa masih kesulitan dalam mengurutkan proses terjadinya kegiatan ekonomi dan masih kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran yang menyebabkan aktivitas belajar kelompok siswa pada kelas IV SD masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) yang layak dan valid digunakan dalam pembelajaran materi IPS, serta untuk meningkatkan aktivitas belajar kelompok siswa melalui implementasi media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi). Pada penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Aktifitas belajar kelompok siswa diukur dengan angket aktivitas belajar kelompok siswa, sedangkan kevalidan produk diukur dengan lembar validasi produk ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) layak dan valid digunakan dengan dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 94%, dari ahli materi sebesar 85%. Aktivitas belajar kelompok siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil angket aktivitas belajar kelompok siswa pada uji lapangan utama sebelum menggunakan media diperoleh 52%, sesudah menggunakan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) siswa memperoleh 89%. Hal ini dikatakan bahwa aktivitas belajar kelompok siswa tinggi dan meningkat sebesar 37% setelah diberikan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah dan guru untuk mengoptimalkan penggunaan media agar siswa semakin meningkat aktivitas belajar kelompok dalam belajar.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2021-04-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/704
10.33379/primed.v1i1.704 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021; 55-62
Primary Education Journals; Vol 1 No 1 (2021): April 2021; 55-62 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/704/500
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Sindy Muthia Putri Pratama, Yulia Eka Yanti
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|