Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN EKO (KEGIATAN EKONOMI) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN EKO (KEGIATAN EKONOMI) PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
 
Creator Pratama, Sindy Muthia Putri
Yanti, Yulia Eka
 
Subject Papan Eko
Kegiatan Ekonomi
Aktivitas belajar
 
Description Pengembangan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) ini dilakukan karena siswa masih kesulitan dalam mengurutkan proses terjadinya kegiatan ekonomi dan masih kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran yang menyebabkan aktivitas belajar kelompok siswa pada kelas IV SD masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) yang layak dan valid digunakan dalam pembelajaran materi IPS, serta untuk meningkatkan aktivitas belajar kelompok siswa melalui implementasi media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi). Pada penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Aktifitas belajar kelompok siswa diukur dengan angket aktivitas  belajar kelompok siswa, sedangkan kevalidan produk diukur dengan lembar validasi produk ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) layak dan valid digunakan dengan dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli media sebesar 94%, dari ahli materi sebesar 85%. Aktivitas belajar kelompok siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil angket aktivitas belajar kelompok siswa pada uji lapangan utama sebelum menggunakan media diperoleh 52%, sesudah menggunakan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi) siswa memperoleh 89%. Hal ini dikatakan bahwa aktivitas belajar kelompok siswa tinggi dan meningkat sebesar 37% setelah diberikan media Papan EKO (Kegiatan Ekonomi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah dan guru untuk mengoptimalkan penggunaan media agar siswa semakin meningkat aktivitas belajar kelompok dalam belajar.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-04-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/704
10.33379/primed.v1i1.704
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021; 55-62
Primary Education Journals; Vol 1 No 1 (2021): April 2021; 55-62
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/704/500
 
Rights Copyright (c) 2021 Sindy Muthia Putri Pratama, Yulia Eka Yanti
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0