ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SD DI KECAMATAN TUREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SD DI KECAMATAN TUREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Yulianti, Vivi
Kusumaningrum, Diana |
|
Subject |
Literasi
Lingkungan |
|
Description |
Salah satu jenis literasi yang penting untuk dikuasai di sekolah dasar adalah literasi lingkungan. Membudayanya kegiatan literasi lingkungan dapat membentuk karakter siswa secara maksimal sehingga dapat meningkatkan sikap, kepribadian dan moral bukan hanya meningkatkan kemampuan intelektual saja. Guna mencapai tujuan tersebut maka keterampilan literasi lingkungan di sekolah harus diajarkan dengan memperhatikan empat komponen literasi lingkungan yang meliputi (1) pengetahuan lingkungan, (2) sikap terhadap lingkungan, (3) keterampilan kognitif, dan (4) perilaku siswa terhadap lingkungan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan literasi lingkungan siswa SD di Kecamatan Turen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di 8 SD Kecamatan Turen yang terakreditasi A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan penyebaran angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang artinya menggambarkan, menguraikan, serta menginterpretasikan seluruh data yang terkumpul sehingga mampu memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh mengenai keterampilan literasi lingkungan siswa sekolah dasar di Kecamatan Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi lingkungan siswa SD di Kecamatan Turen yang diukur menggunakan empat komponen literasi lingkungan dengan menggunakan soal tes, angket penilaian diri dan penilaian teman sejawat perlu ditingkatkan pada aspek pengetahuan dan keterampilan kognitif. Hasil penilaian literasi lingkungan pada aspek pengetahuan lingkungan dan keterampilan kognitif menunjukkan hasil rendah dengan persentase 62,5% sedangkan hasil penilaian pada aspek sikap dan perilaku terhadap lingkungan menunjukkan hasil baik dengan persentase 75%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2021-04-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/694
10.33379/primed.v1i1.694 |
|
Source |
Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021; 10-20
Primary Education Journals; Vol 1 No 1 (2021): April 2021; 10-20 2776-4796 2776-1703 10.33379/primed.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/694/495
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Vivi Yulianti, Diana Kusumaningrum
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|