Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPI (RODA PINTAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPI (RODA PINTAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD
 
Creator Larasati, Anna Triyana
Suryaman, Suryaman
 
Subject ROPI
Media Pembelajaran
Prestasi Belajar
 
Description Penelitian ini mengkaji tentang prestasi belajar siswa pada kelas II materi merawat hewan dan tumbuhan melalui media pembelajaran ROPI (Roda Pintar). Tujuan penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran ROPI (Roda Pintar) serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ROPI terhadap prestasi belajar siswa kelas II. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang menggunakan siswa sebanyak 36 siswa kelas II SD Tahun ajaran 2019-2020. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan (1) media dan materi pembelajaran ROPI (Roda Pintar) dinyatakan dapat digunakan dan dijicobakan di lapangan tanpa revisi setelah melewati tahap validasi media, (2) untuk mengukur prestasi belajar kognitif dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, (3) untuk mengukur prestasi belajar aspek psikomotor ditunjukkan dengan nilai keterampilan.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-04-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/693
10.33379/primed.v1i1.693
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021; 1-9
Primary Education Journals; Vol 1 No 1 (2021): April 2021; 1-9
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/693/496
 
Rights Copyright (c) 2021 Anna Triyana Larasati, Suryaman
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0