Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR BUDAYA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR BUDAYA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
 
Creator Khoir, Sifa’ul
Cholifah, Tety Nur
 
Subject Media Miniatur Budaya
Hasil Belajar
 
Description Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) menjelaskan proses pengembangan media miniatur budaya pada pembelajaran tematik subtema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, (2) menjelaskan kemenarikan media miniatur budaya dilihat dari fungsinya sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD, (3) menjelaskan keefektifan penggunaan media miniatur budaya digunakan sebagai media meningkatkan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV SD. Pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti prosedur dari Borg and Gall untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan ini terdapat sepuluh langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangannya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan  adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan media miniatur budaya pada pembelajaran tematik subtema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV ini dilakukan mengikuti teori Borg and Gall, (2) media miniatur budaya terbukti memiliki ketertarikan yang sangat baik bagi siswa (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media miniatur budaya pada proses pembelajaran.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-04-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/691
10.33379/primed.v1i1.691
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021; 29-35
Primary Education Journals; Vol 1 No 1 (2021): April 2021; 29-35
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/691/497
 
Rights Copyright (c) 2021 Sifa’ul Khoir, Tety Nur Cholifah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0