Record Details

PENGEMBANGAN PRISMA KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN PRISMA KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
 
Creator Safitri, Indri Indah
Oktiningrum, Wuli
 
Subject Media bergambar
Kemampuan Membaca
 
Description Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran prisma kata bergambar yang valid digunakan dalam pembelajaran materi Bahasa Indonesia, serta untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui implementasi media pembelajaran prisma kata bergambar. Agar pembelajaran semakin efektif dan efisien serta mampu meningkatkan antusias dalam proses belajar mengajar, dan tidak membuat siswa bosan saat proses pembelajaran dengan adanya media pembelajaran ini dapat mendukung pembelajaran. Pada penelitian ini,  peneliti menggunakan penelitian jenis RnD (Research and Development). Produk yang dikembangkan adalah benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan akan tetapi diseminasi tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu. Kemampuan membaca diukur dengan hasil pretest dan posttest sedangkan respon siswa diukur melalui data hasil wawancara kepada siswa kelas I di SD Negeri 1 Randugading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PRISKABAR valid diperoleh persentase 95%. Respon siswa juga meningkat, hal ini dilihat dari hasil wawancara terhadap siswa terkait penggunaan media PRISKABAR.  Serta untuk hasil pretest dan posttest diperoleh persentase 84% yang menunjukkan kemampuan membaca siswa meningkat dengan materi benda hidup dan tak hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah maupun guru untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran sebagai media pendukung proses belajar mengajar.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-04-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/690
10.33379/primed.v1i1.690
 
Source Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An); Vol. 1 No. 1 (2021): April 2021; 36-42
Primary Education Journals; Vol 1 No 1 (2021): April 2021; 36-42
2776-4796
2776-1703
10.33379/primed.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/690/498
 
Rights Copyright (c) 2021 Indri Indah Safitri, Wuli Oktiningrum
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0