PENGEMBANGAN MEDIA PAGABIL (PAPAN GARIS BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA NGASEM
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN MEDIA PAGABIL (PAPAN GARIS BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA NGASEM
DEVELOPMENT MEDIA PAGABIL (BOARD LINE NUMBERS) TO INCREASE NUMERACY INTEGER CLASS IV MI MIFTAHUL HUDA NGASEM |
|
Creator |
albar, melani
Khoiriyah, Siti |
|
Subject |
Media PAGABIL, Kemampuan berhitung, Bilangan bulat
PAGABIL Media, Counting ability, Integers. |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui jenis media pembelajaran Matematika yang selama ini digunakan di MI Miftahul Huda Ngasem, (2) mengembangkan media pembelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Ngasem, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Ngasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Ngasem. Penelitian dilaksanakan saat masa pandemimaka pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan test prestasi. Langkah pengembangan media meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) desain media, (3) pengembangan media, (4) implementasi, (5) evaluasi, dilanjutkan dengan melakukan uji validasi tim ahli dan uji efektivitas media. Dari hasil produk yang sudah dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil uji validasi materi menunjukkan media PAGABIL memiliki tingkat kelayakan 100% yang berada dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji validasi alhi media menunjukkan media PAGABIL memiliki tingkat kelayakan 95% yang berada dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil kepraktisan dilakukan kepada 3 siswa dengan memperoleh presentase siswa 98,33% Sehingga media PAGABIL dinyatakan sangat diperlukan dan sangat berkontribusi untuk mendukung pembelajaran.
This study aims to: (1) determine the types of mathematics learning media that have been used at MI Miftahul Huda Ngasem, (2) develop mathematics learning media at MI Miftahul Huda Ngasem, (3) determine the effectiveness of mathematics learning media at MI Miftahul Huda Ngasem. This type of research is research and development (R&D) which uses the Borg and Gall development design model. The population of this study were fourth grade students at MI Miftahul Huda Ngasem. The study was conducted during a pandemic, so the sample was taken by random sampling. The instruments used to collect data are observation, interviews and achievement tests. The media development steps include (1) needs analysis, (2) media design, (3) media development, (4) implementation, (5) evaluation, followed by conducting expert team validation tests and media effectiveness tests. From the results of the products that have been developed, the product feasibility has been tested by material experts and media experts. Based on the results of the material validation test, it shows that PAGABIL media has a 100% feasibility level which is in the "very feasible" qualification. The results of the media alhi validation test show that PAGABIL media has a 95% feasibility level which is in the "very feasible" qualification. Practical results were carried out to 3 students by obtaining a student percentage of 98.33%. So that PAGABIL media was declared indispensable and contributed greatly to support learning. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2021-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/1051
|
|
Source |
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol. 1 No. 2 (2021): December 2021; 62-70
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021; 62-70 2798-7531 2798-8309 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/1051/654
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|