Record Details

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AL MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BULUPAYUNG MALANG

EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AL MIFTAH LIL ULUM DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BULUPAYUNG MALANG
 
Creator Aziza, Ilma
Mardhiyah, Siti Millatul
Hilmi, Danial
 
Subject Metode Al Miftah, Pembelajaran Ilmu Nahwu, Penelitian Eksperimen.
Al Miftah lil Ulum method in nahwu, experimental method
 
Description Pondok Pesantren Miftahul Ulum adalah salah satu pondok pesantren salaf yang terletak di daerah Bulupayung Malang. Dalam masa saat ini, kebanyakan para pelajar pondok pesantren Miftahul Ulum terkendala oleh waktu yang relatif pendek dalam menimba ilmu, maka dengan terbatasnya waktu menjadi salah satu kendala dalam menguasai materi-materi dalam pembelajaran ilmu nahwu jika menggunakan kitab-kitab klasik nahwu. Sehubungan dengan persoalan yang telah terjadi, maka diperlukan metode yang cocok dan sesuai untuk menyelesaikan persoalan tersebut. diantaranya adalah dengan memilih salah satu metode yang tepat untuk digunakan, yaitu dengan menggunakan metode Al Miftah lil Ulum. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tingkat penggunaan metode Al Miftah lil Ulum dalam pembelajaran nahwu. 2) Untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan nahwu dan. 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Al Miftah lil Ulum dalam pembelajaran nahwu di pondok pesantren Miftahul Ulum Bulupayung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian dengan menggunakan angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, uji T (Paired Sample T Test dan Independent Sample T-Test).Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat penggunaan metode Al Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bulupayung Malang sudah memadai. 2) Kemampuan (kompetensi) siswa baik dalam penguasaan ilmu nahwu di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Bulupayung Malang. 3) Efektivitas penggunaan metode Al Miftah lil Ulum efektif untuk meningkatkan pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren Miftahul Ulum Bulupayung Malang.
Miftahul Ulum Islamic Boarding School is one of the salaf Islamic Boarding Schools located in the Bulupayung Malang. The dynamics of the times and cultural development of the Indonesian pThey also experienced many difficulties and obstacles to understand and study nahwu science materials using the nahwu classic books. In connection with the problems that have occurred, a suitable and appropriate method is needed to solve the problem. One of them is choosing the right method to use, namely by using Al Miftah lil Ulum.The objectives of this research are: 1) To determine the level of use of the Al Miftah lil Ulum method in nahwu learning 2) To measure students’ ability in mastering and 3) To find out the effectiveness of using the Al Miftah lil Ulum method in learning nahwu at the Miftahul Ulum Islamic boarding school Bulupayung. This research method is an experimental quantitative method. Data collection techniques and research instruments using questionnaires, tests, observations, interviews, and documentation.  Analysis of the data used include normality test, homogeneity, T test (Paired Sample T Test and Independent Sample T-Test). The results are: 1) The level of using the Al Miftah lil Ulum method is adequate at the Miftahul Ulum Islamic boarding school, Bulupayung Malang. 2) The ability (competence) of students is good in mastering the science of nahwu the Miftahul Ulum Islamic boarding school, Bulupayung Malang. 3) Effectiveness of using Al Miftah lil Ulum method is effective for improving the learning of nahwu science at the Miftahul Ulum Islamic boarding school, Bulupayung Malang.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/1031
 
Source EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol. 1 No. 2 (2021): December 2021; 106-116
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021; 106-116
2798-7531
2798-8309
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/1031/656
 
Rights Hak Cipta (c) 2021 EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0