MEDIA PEMBELAJARAN “BUCIL” (KUBUS KECIL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MEDIA PEMBELAJARAN “BUCIL” (KUBUS KECIL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK
LEARNING MEDIA "BUCIL" (Small CUBE) TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING RESULTS VOLUME OF CUBE AND BEAMS |
|
Creator |
ulfa, nanik
Busthami, Ahmad Yazid |
|
Subject |
Media Pembelajaran “Bucil” (Kubus Kecil)
Hasil Belajar Learning Media “Bucil” (Small Cube) Learning outcomes |
|
Description |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi volume kubus dan balok. Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode yang monoton dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa khususnya materi Volume Kubus dan Balok. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan media Bucil (Kubus Kecil) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan model PTK dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya: tahap perencanaan (planning), tahap tindakan (action), tahap pengamatan (observing) dan tahap refleksi (reflection). Namun mengingat penyebaran covid-19 yang semakin meningkat, maka penelitian dihentikan sampai tahap perencaan dengan syarat seluruh instrumen penelitian harus divalidasi. Setelah dilakukan proses validasi oleh 2 validator diporeleh persentase skor dari masing-masing instrumen penelitian. Validasi terhadap RPP diperoleh persentase skor sebesar 86% . Pada validasi media pembelajaran diperoleh persentase skor sebesar 84,5%. Validasi lembar kerja kelompok diperoleh persentase sebesar 77,5%. Validasi soal tes tulis diperoleh persentase sebesar 82%. Dan validasi pedoman observasi memperoleh persentase skor sebesar 82%. Sehingga dari hasil validasi terhadap seluruh instrumen penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen memperoleh kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
This research is motivated by the low learning outcomes of students in Mathematics subjects with the volume of cubes and blocks. The contributing factor is the use of monotonous methods and the absence of learning media used. This results in low student learning outcomes, especially the material for the Volume of Cubes and Blocks. Therefore, to overcome this problem, researchers use the Bucil (Small Cube) media to improve student learning outcomes. This study uses the CAR model from Kemmis and Mc Taggart which consists of 4 stages including: planning stage, action stage. , the observation stage and the reflection stage. However, considering the increasing spread of COVID-19, the research was stopped until the planning stage on the condition that all research instruments must be validated. After the validation process was carried out by 2 validators, the percentage score of each research instrument was obtained. Validation of the lesson plan obtained a percentage score of 86%. In the validation of learning media obtained a percentage score of 84.5%. Validation of group worksheets obtained a percentage of 77.5%. The validation of the written test questions obtained a percentage of 82%. And the validation of the observation guidelines obtained a percentage score of 82%. So from the results of the validation of all research instruments, it can be concluded that all instruments have valid criteria and are suitable for use in the learning process. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2021-07-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/830
|
|
Source |
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol. 1 No. 01 (2021): July 2021; 36-43
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021; 36-43 2798-7531 2798-8309 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/830/557
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|