PENERAPAN MEDIA JIDSAM BARGAMBER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III MI
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENERAPAN MEDIA JIDSAM BARGAMBER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III MI
IMPLEMENTATION OFMEDIA JIDSAM BARGAMBER TO IMPROVE STUDENT'S UNDERSTANDING OF MI CLASS III TIME UNIT MATERIALS |
|
Creator |
Firdausi, Rofiqoh
Ula, Rif’atul |
|
Subject |
Media Jidsam Bargamber
Time Unit Materials Student Understanding Learning Outcomes Media Jidsam Bargamber Materi Satuan Waktu Pemahaman Siswa Hasil Belajar |
|
Description |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika kelas III MI. Beberapa faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi pemahaman siswa seperti: 1) kurangnya pemahaman siswa tentang materi satuan waktu, 2) dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan apa yang ada di dalam buku, 3) tidak ada variasi metode pembelajaran yang lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan media Jidsam Bargamber agar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan Media Jidsam Bargamber dapat meningkatkan pemahaman siswa materi satuan waktu mata pelajaran Matematika kelas III MI?. Sedangkan tujuannya untuk menerapkan media Jidsam Bargamber dalam pelajaran matematika materi satuan waktu dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: tes tulis, observasi, dam wawancara. Namun berkaitan dengan penyebaran covid-19, maka penelitian yang disusun tidak dapat dilaksanakan dan dalam hal ini hanya sampai pada tahapan perencanaan dengan persyaratan semua instrumen penelitian harus divalidasi. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 validator, dapat diketahui bahwa RPP yang disusun peneliti memperoleh nilai rata-rata 3.95. Validasi media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4.15. Kemudian validasi tes tulis (pre-test) memperoleh nilai rata-rata 4.56, post test memperoleh nilai rata-rata 4.46. Dan validasi pada LPO memperoleh nilai rata-rata 4.7. Sehingga seluruh instrumen yang disusun layak digunakan dalam pembelajaran.
This research was motivated by the low understanding of students in mathematics subjects grade III MI. Some of the faktor that researchers encountered in the learning process that affect students' understanding such as: 1) the lack of understanding of students about the material of the unit of time, 2) in the learning activities, the teacher uses only what is in the book, 3) there is no variation of other learning methods. Tosolve the problem, researchers applied Jidsam Bargamber media in order to improve students' understanding. Rumusan the problem of this research is: Can the application of Media Jidsam Bargamber improve students' understanding of the unit time material of mathematics class III MIsubjects?. While the goal is to apply jidsam bargamber media in mathematics lessons unit time material can improve the understanding of grade III students Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy'ari Ngawonggo Tajinan Malang. The type of research used is Class Action Research (PTK) with quantitative approach. Model PTK used are models Kemmis and Mc Taggart. In collecting data, researchers use necessary research instruments including: writing tests, observations, and interviews. But with regard to the spread of covid-19,the research that is compiled can not be carried out and in this case only up to the planning stage with the requirements of all research instruments must be validated. From the validation results performed by 2 validators, it can be known that rpp compiled by researchers obtained an average score of 3.95. Validation of learning media obtained an average score of 4.15. Then the validation of the written test (pre-test) obtained an average score of 4.56, post test obtained an average score of 4.46. And validation on LPO gets an average score of 4.7. So that all the instruments that are composed are worth using in learning. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2021-07-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/829
|
|
Source |
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol. 1 No. 01 (2021): July 2021
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021 2798-7531 2798-8309 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/ebtida/article/view/829/558
|
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2021 EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 |
|