Record Details

Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filosofis (Ontologi, Epistemologi dan Axiologi): Pendidikan Islam

RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filosofis (Ontologi, Epistemologi dan Axiologi): Pendidikan Islam
 
Creator Tiam, Sunardji Dahri
 
Description Abstrak: Konteks penelitian ini adalah kajian terhadap Pendidikan Islam yang dalam sejarah perjalanannya terkesan didekotomikan dan kalah bersaing dengan Pendidikan umum, sehingga kesan tersebut menjadi beban historis-psikologis yang bersemayam secara kronis di hati persepsi masyarakat, hususnya masyarakat Muslim. Oleh karena itu kami mengadakan kajian dengan Fokus bagaimana tinjauan filosofis, dalam hal ini pandangan Ontologi, Epistemologi dan Axiologi terhadap pendidikan Islam? Sejalan dengan focus tersebut maka tujuan yang akan dicapai adalah untuk mengetahui pandangan Ontologi, Epistemologi dan Axiologi terhadap Pendidikan Islam. Kajian ini merupakan kajian pustaka yang memakai metode diskriptif-komparatif yang dianalisa dengan pendekatan kritis-historis dengan pola pikir reflektif dalam hal ini induktif-deduktif, terutama dari ajaran Islam (al-Quran dan Hadits). Hasil nya; Ontologi menyimpulkan bahwa Pendidikan Islam adalah perpaduan antara progresivisme-esensialisme plus. Sedangkan Epistemologi menyimpulkan bahwa Pndidikan Islam ternyata tidak hanya mngakui acquired knowledge (pengetahuan yang diperoleh) melainkan juga mengakui prennial knowledge (pengetahuan abadi yang diberi). Dan Axiologi menyimpulkan bahwa Pendidikan Islam itu tidak hanya mentransfer nilai-nilai insaniyah melainkan juga nilai-nilai Ilahiyah.
 
Kata-kat kunci: Pendidikan Islam, filosofis (ontologi, epistemologi Axiologi).
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2021-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/896
 
Source RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES; Vol. 4 No. 1 (2021): Juni
2622-0903
2622-089X
10.33379/jrla.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/896/605
 
Rights Copyright (c) 2021 RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES