Record Details

METAFORA SEBAGAI TEMAN BELAJAR ANAK

RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title METAFORA SEBAGAI TEMAN BELAJAR ANAK
 
Creator Rosidin, Rosidin
 
Subject Metafora; Amtsal al-Qur’an; Teman Belajar; Pendidikan Dasar; Anak
 
Description Dinamika arus informasi yang penuh-sesak menyebabkan belajar mengetahui (learn to know) harus digantikan belajar cara mengetahui (learn how to know), untuk membina pembelajar mandiri. Problemnya, banyak anak kecanduan gadget, sehingga berpotensi menghambat pembinaan pembelajar mandiri. Alternatif solusinya, metafora diposisikan sebagai ‘teman belajar’ anak dalam Pendidikan Dasar (SD/MI). Apalagi metafora sudah dipraktikkan sejak masa Rasulullah SAW dan masih efektif diterapkan dalam pendidikan kontemporer. Kontribusi tulisan ini adalah kontruksi makna metafora al-Qur’an (Amtsal al-Qur’an) dari perspektif dua unsur metafora: Fokus/Wahana dan Bingkai/Topik/Tenor. Ada tiga hasil riset. Pertama, ada empat kategori metafora al-Qur’an dari perspektif Fokus/Wahana: Manusia, Flora, Fauna dan Benda atau Tempat. Kedua, ada tiga kategori metafora al-Qur’an dari perspektif Bingkai/Topik/Tenor: Akidah, Fikih dan Akhlak. Ketiga, Tujuh kategori metafora al-Qur’an tersebut relevan untuk difungsikan sebagai teman belajar anak dalam rangka mencapai Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar, baik dimensi sikap, pengetahuan maupun keterampilan, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/221
 
Source RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES; Vol. 1 No. 2 (2018): Islam Rahmatan lil Alamnin; 98
2622-0903
2622-089X
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/221/123
 
Rights Copyright (c) 2018 RAHMATAN LIL ALAMIN (JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES)