Record Details

INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL BASHIROH TUREN-MALANG

RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL BASHIROH TUREN-MALANG
 
Creator Pertiwi, Putri Lingga
 
Subject Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi, Boarding School, Sekolah Menengah Pertama
 
Description Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi siswa untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Pendidikan dengan sistem boarding school adalah integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah yang efektif untuk mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai agamis kepada peserta didik, sehingga anak didik lebih memiliki kepribadian yang utuh dan khas. Hal ini sangat baik bagi peserta didik untuk melatih jiwa toleran, saling menghargai, saling menghormati, kerukunan dan tentunya menghargai pluralitas. Untuk menjaga ketertiban dan keamanan sekolah pun dilengkapi dengan tata-tertib.
Data-data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data diukur dengan teknik pemeriksaan, credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data dilakukan secara berjenjang dan saling terkait antara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai toleransi di SMP IT Al Bashiroh Turen menggunakan pendekatan penanaman moral melalui penerapan strategi penguatan toleransi melalui berbagai kegiatan yakni pengajaran, bimbingan, pengasuhan, pengawasan dan pengembangan bakat minat peserta didik. Internalisasi nilai-nilai toleransi yang diterapkan memberikan pengaruh terhadap sikap toleran antar peserta didik. Peserta didik menjadi lebih toleran dan menghargai perbedaan sehingga berdampak pada peningkatan integrasi sosial, yang terwujud dalam  hubungan interaksi antar warga sekolah yang harmonis, adanya kegiatan-kegiatan sosial, dan adanya kerjasama meski ada perbedaan latar belakang peserta didik (asal-usul keluarga, sosial-ekonomi, budaya).
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2018-07-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/218
 
Source RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES; Vol. 1 No. 1 (2018): Islam Rahmatan lil Alamnin; 57
2622-0903
2622-089X
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/218/120
 
Rights Copyright (c) 2018 RAHMATAN LIL ALAMIN (JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES)