PENANAMAN KARAKTER ISLAMI MELALUI PROGRAM HAFALAN TAKHASUS DI SD NEGERI 3 GONDANGLEGI KULON TAHUN AJARAN 2017/2018
RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENANAMAN KARAKTER ISLAMI MELALUI PROGRAM HAFALAN TAKHASUS DI SD NEGERI 3 GONDANGLEGI KULON TAHUN AJARAN 2017/2018
|
|
Creator |
Arifin, Samsul
|
|
Subject |
penanaman karakter Islami, program hafalan takhasus
|
|
Description |
Studi ini dilatarbelakangi oleh kemunduran karakter yang cenderung ke arah negatif, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Melihat kondisi yang demikian, sangat diperlukan upaya untuk menanamkan karakter Islami kepada anak sejak dini. Penelitian ini menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah penanaman karakter Islami di SD Negeri 3 Gondanglegi Kulon? (2) Bagaimanakah implementasi program hafalan takhasus di SD Negeri 3 Gondanglegi Kulon? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian kualitataif deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya penanaman karakter Islami dan pelaksanaan program hafalan takhasus di SD Negeri 3 Gondanglegi Kulon. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Program hafalan takhasus merupakan salah satu bentuk penanaman karakter Islami di SD Negeri 3 Gondanglegi Kulon. Penanaman karakter Islami dilakukan dengan berbagai metode. Yakni metode penyampaian, pembiasaan, keteladanan, teguran, dan pemberian reward dan punishment. Nilai-nilai karakter Islami yang dapat ditanamkan meliputi karakter religius atau Islami, jujur, rajin, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca, disiplin, mandiri, dan peduli sosial. Program hafalan takhasus meliputi hafalan al-Qur׳Än (juz ‘amma atau juz 30), hafalan al-Ḥadῑṡ yang sahih dan masyhur, dan doa-doa harian. Program ini dilaksanakan setiap hari, mulai Selasa hingga Sabtu, pada setiap 35 menit jam pertama. Hafalan tiga komponen di atas dilaksanakan dengan cara membaca dan menirukan secara berulang-ulang. Sekian banyak hafalan yang menjadi tanggung jawab peserta didik, disusun secara berjenjang, dibagi-bagi dalam enam kelas. Jadi masing-masing kelas memiliki materi hafalan yang berbeda-beda, namun bersifat kontinuitas. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2018-07-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/217
|
|
Source |
RAHMATAN LIL ALAMIN: JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES; Vol. 1 No. 1 (2018): Islam Rahmatan lil Alamnin; 45
2622-0903 2622-089X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/view/217/119
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 RAHMATAN LIL ALAMIN (JOURNAL OF PEACE EDUCATION AND ISLAMIC STUDIES)
|
|