Record Details

Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang

I-Com: Indonesian Community Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang
Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang
 
Creator Choirina, Priska
Tjiptady , Bella Cornelia
Fadliana, Alfi Fadliana
Rohman, Mojibur
Wahyudi, Farid
Darajat, ‪Pangestuti Prima
 
Subject desain
grafis
plandi
canva
pelatihan
desain
grafis
plandi
canva
pelatihan
 
Description Pertumbuhan yang pesat dalam perkembangan teknologi, digital, dan internet tentu akan mempengaruhi dunia marketing. Trend marketing di seluruh dunia akan bergeser dari metode tradisional ke digital. Digital marketing adalah kegiatan periklanan dan riset pasar melalui digital online dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya jejaring sosial. Desa Plandi memiliki beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah seperti anyaman bambu, produksi batik cap, penghasil kopi, kerajinan kayu, dan aneka kripik serta minuman khas Desa Plandi. Metode pemasaran pelaku usaha UMKM masih menggunakan metode manual (offline) bahkan hanya warga dari desa tersebut yang mengetahui dan membeli produk dari UMKM Desa Plandi. Dari permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini dilakukan pelatihan pada anggota karang taruna untuk mendukung digital marketing dan promosi produk bagi pelaku bisnis UMKM di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Bentuk kegiatan dari pelatihan ini menggunakan metode pendekatan partisipatif dan komunikasi personal. Terdapat 3 tahapan dalam pelatihan antara lain: 1) persiapan, 2) pelaksanaan dan 3) pelaporan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang desain grafis dengan Canva. Dapat dibuktikan dengan antusiasme yang tinggi dari peserta dalam dua hari dengan tingkat kehadiran sebesar 90%, selain itu dukungan positif dari masyarakat menjadi poin penting dari kegiatan pelatihan ini.
The rapid development of technology, digital and internet will certainly affect the world of marketing. The worldwide marketing trend will shift from traditional methods to digital. Digital marketing is advertising and market research activities through digital online using various ways, one of which is social networking. Desa Plandi has several Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) such as woven bamboo, stamped batik production, coffee producers, wood crafts, and various chips and drinks typical of Desa Plandi. The marketing method of UMKM business actors still uses the manual method (offline) even though only residents of the village know and buy products from Desa Plandi UMKM. From these problems, this service activity was carried out by training members of youth organizations to support digital marketing and product promotion for UMKM business players in Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. The form of activity of this training uses a participatory approach and personal communication. There are 3 stages in the training, including: 1) preparation, 2) implementation and 3) reporting. The results of the training show increased knowledge of graphic design with Canva. It can be proven by the high enthusiasm of the participants in two days with an attendance rate of 90%, besides that positive support from the community is an important point of this training activity
 
Publisher Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Raden Rahmat Malang
 
Date 2022-04-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/1195
10.33379/icom.v2i1.1195
 
Source I-Com: Indonesian Community Journal; Vol. 2 No. 1 (April 2022); 8-16
I-Com: Indonesian Community Journal; Vol. 2 No. 1 (April 2022); 8-16
2809-2031
2809-2651
10.33379/icom.v2i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/1195/717
10.33379/icom.v2i1.1195.g717
 
Coverage desain; grafis; plandi; canva; pelatihan;
graphic; design; plandi; canva; training
 
Rights Hak Cipta (c) 2022 I-Com: Indonesian Community Journal