Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang
I-Com: Indonesian Community Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang
Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang |
|
Creator |
Choirina, Priska
Tjiptady , Bella Cornelia Fadliana, Alfi Fadliana Rohman, Mojibur Wahyudi, Farid Darajat, ‪Pangestuti Prima |
|
Subject |
desain
grafis plandi canva pelatihan desain grafis plandi canva pelatihan |
|
Description |
Pertumbuhan yang pesat dalam perkembangan teknologi, digital, dan internet tentu akan mempengaruhi dunia marketing. Trend marketing di seluruh dunia akan bergeser dari metode tradisional ke digital. Digital marketing adalah kegiatan periklanan dan riset pasar melalui digital online dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya jejaring sosial. Desa Plandi memiliki beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah seperti anyaman bambu, produksi batik cap, penghasil kopi, kerajinan kayu, dan aneka kripik serta minuman khas Desa Plandi. Metode pemasaran pelaku usaha UMKM masih menggunakan metode manual (offline) bahkan hanya warga dari desa tersebut yang mengetahui dan membeli produk dari UMKM Desa Plandi. Dari permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini dilakukan pelatihan pada anggota karang taruna untuk mendukung digital marketing dan promosi produk bagi pelaku bisnis UMKM di Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Bentuk kegiatan dari pelatihan ini menggunakan metode pendekatan partisipatif dan komunikasi personal. Terdapat 3 tahapan dalam pelatihan antara lain: 1) persiapan, 2) pelaksanaan dan 3) pelaporan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang desain grafis dengan Canva. Dapat dibuktikan dengan antusiasme yang tinggi dari peserta dalam dua hari dengan tingkat kehadiran sebesar 90%, selain itu dukungan positif dari masyarakat menjadi poin penting dari kegiatan pelatihan ini.
The rapid development of technology, digital and internet will certainly affect the world of marketing. The worldwide marketing trend will shift from traditional methods to digital. Digital marketing is advertising and market research activities through digital online using various ways, one of which is social networking. Desa Plandi has several Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) such as woven bamboo, stamped batik production, coffee producers, wood crafts, and various chips and drinks typical of Desa Plandi. The marketing method of UMKM business actors still uses the manual method (offline) even though only residents of the village know and buy products from Desa Plandi UMKM. From these problems, this service activity was carried out by training members of youth organizations to support digital marketing and product promotion for UMKM business players in Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. The form of activity of this training uses a participatory approach and personal communication. There are 3 stages in the training, including: 1) preparation, 2) implementation and 3) reporting. The results of the training show increased knowledge of graphic design with Canva. It can be proven by the high enthusiasm of the participants in two days with an attendance rate of 90%, besides that positive support from the community is an important point of this training activity |
|
Publisher |
Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2022-04-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/1195
10.33379/icom.v2i1.1195 |
|
Source |
I-Com: Indonesian Community Journal; Vol. 2 No. 1 (April 2022); 8-16
I-Com: Indonesian Community Journal; Vol. 2 No. 1 (April 2022); 8-16 2809-2031 2809-2651 10.33379/icom.v2i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/1195/717
10.33379/icom.v2i1.1195.g717 |
|
Coverage |
desain; grafis; plandi; canva; pelatihan;
graphic; design; plandi; canva; training |
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2022 I-Com: Indonesian Community Journal
|
|