Record Details

Pengembangan Assesmen Afektif Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 2 Majene

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Assesmen Afektif Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA Negeri 2 Majene
 
Creator Jirana, Jirana
Tahmir, Suradi
Mustami, Khalifah
 
Subject Assessment
Afective
Project Based Learning
 
Description Hasil belajar dipandang sebagai akibat proses belajar dan pencapaian hasil belajar lebih banyak ditentukan oleh proses pembelajaran. Penilaian bertujuan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan assesmen afektif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek melalui model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation. Subjek uji coba adalah siswa SMA Negeri 2 Majene kelas X1 sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis Validitas dengan Correlate Bivariate Pearson diperoleh nilai korelasi untuk setiap butir soal yang lebih besar dari 0,3 dengan nilai korelasi berdasarkan SPSS lebih kecil dari 0,05. Tingkat reliabilitas lebih besar 0,70 yaitu masing-masing 0,798, 0,804, dan 0,811. Melalui wawancara siswa berpendapat bahwa pembelajaran ini menyenangkan, hal ini menyebabkan nilai siswa pada setiap pertemuan meningkat.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2017-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/286
10.33086/ehdj.v1i1.286
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 1 No. 1 (2016): Educatioan and Human Development Journal
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 1 No 1 (2016): Educatioan and Human Development Journal
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/286/252
 
Rights Copyright (c) 2017 Jirana Jirana, Suradi Tahmir, Khalifah Mustami
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0