Record Details

ANALISA PERILAKU KONSUMEN : STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS DI ERA EKONOMI DIGITAL

G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISA PERILAKU KONSUMEN : STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS DI ERA EKONOMI DIGITAL
CONSUMER BEHAVIOR ANALYSIS : STRATEGY TO WIN THE BUSINESS COMPETITION IN THE ERA OF THE DIGITAL ECONOMY
 
Creator Santoso, Rachmad
Munawi, Hisbulloh Ahlis
Nevita, Ary Permatadeny
 
Subject Teknologi Informasi
Internet
Persaingan Bisnis
Perilaku Konsumen
Manajemen Strategi
Information Technology
Internet
Business Competition
Consumer Behavior
 
Description The rapid development of information and communication technology has a major impact on consumer behavior in choosing and making decisions about buying and selling transactions. Information technology has made it possible to carry out various activities quickly, precisely and accurately, not limited to time and place, so that it is expected to increase performance and productivity. The increase in the number of internet users in Indonesia from 30 million people in 2009 to 171 million people in 2018 needs to be managed wisely, especially for companies that want to win business competition. Changes in consumer behavior related to how to obtain information and buying and selling transactions must be continuously researched to obtain accurate information about consumer wants and needs. This research was conducted to determine consumer behavior in carrying out activities, especially buying and selling, due to the development of information and communication technology. The survey was conducted using an online questionnaire to reach more respondents, more variety, wider distribution and shorter timeframes. The results show that there is a dependency of society on the internet and it has changed the way they access information and changed the way people buy and sell, from offline to online.
Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang terjadi dengan begitu pesatnya memberikan dampak yang cukup besar terhadap perilaku konsumen dalam memilih dan memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli. Teknologi Informasi telah memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, tidak dibatasi oleh waktu dan tempat sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia dari 30 juta orang pada tahun 2009 menjadi 171 juta orang pada tahun 2018 perlu disikapi dengan bijak khususnya bagi perusahaan yang ingin memenangkan persaingan bisnis. Perubahan perilaku konsumen terkait dengan cara memperoleh informasi dan melakukan transaksi jual beli harus dikaji ulang secara terus menerus agar diperoleh informasi yang tepat mengenai keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam melakukan aktifitasnya khususnya aktifitas jual beli sebagai akibat perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang dilakukan secara online (online) agar bisa menjangkau responden yang lebih banyak, lebih beragam, lebih luas sebarannya dan dalam waktu yang lebih cepat. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketergantungan masyarakat terhadap internet yang berakibat adanya perubahan cara mendapatkan informasi dan perubahan perilaku dalam melakukan jual beli yang semula dilakukan secara offline menjadi online.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2020-10-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
teks
text
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech/article/view/550
10.33379/gtech.v4i1.550
 
Source G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan; Vol. 4 No. 1 (2020): G-Tech Oktober 2020; 286-293
G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan; Vol 4 No 1 (2020): G-Tech Oktober 2020; 286-293
2623-064X
2580-8737
10.33379/gtech.v4i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech/article/view/550/439
 
Coverage Manajemen Strategi
Strategic Management
 
Rights Hak Cipta (c) 2020 Rachmad Santoso, Hisbulloh Ahlis Munawi, Ary Permatadeny Nevita
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0