IMPLEMENTASI METODE LEAN THINKING UNTUK MENGURANGI NON VALUE ADDING ACTIVITY DAN MENINGKATKAN KINERJA PT. XK
G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI METODE LEAN THINKING UNTUK MENGURANGI NON VALUE ADDING ACTIVITY DAN MENINGKATKAN KINERJA PT. XK
IMPLEMENTASI METODE LEAN THINKING UNTUK MENGURANGI NON VALUE ADDING ACTIVITY DAN MENINGKATKAN KINERJA PT. XK |
|
Creator |
Nur, Taqwa
|
|
Subject |
Process Activity Mapping
lean thinking transportasi PT. XK Lean Thinking Process Activity Mapping transportasi |
|
Description |
PT. XK merupakan perusahaan jasa transportasi yang menggunakan truk jenis trailer. Dalam operasional bisnisnya melibatkan beberapa pihak seperti pelanggan, depo kontainer, instantasi pemerintah, jasa transportasi, jasa pelabuhan dengan lokasi saling berjauhan. Operasi ini memerlukan komunikasi, interaksi dan koordinasi yang sangat tinggi sehingga order pelanggan bisa terpenuhi sesuai harapannya dan kinerja PT. XK tercapai. Kinerja yang diukur adalah jumlah komplain pengiriman terlambat, jumlah truk mengalami kerusakan saat beroperasi. Dari performa diperoleh rata-rata waktu pengerjaan 1 order membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 1.182 menit. Perbaikan dilakukan dengan menerapkan Metode Lean Thinking untuk mengidentifikasi Non Value Adding Activity, Necessary but Non Value Adding Activity dan Value adding Activity. Tahapan dilakukan dengan melakukan kuisioner, brainstorming sehingga alat bantu yang digunakan adalah Value Stream Analysis dengan fokus utama perbaikan pada Process Activity Mapping. Pemborosan terbesar yaitu waiting time, unappropriate process, excess motion dan underutilized employee. Dari brainstorming ditemukan akar permasalahannya dan usulan perbaikannya.Hasil perbaikan diperoleh waktu pengerjaan 1 order mengalami penurunan sebesar 52,81% dengan waktu delaynya berkurang atau Non Value Adding Activity dari 609,28 menit menjadi 65,55 menit sehingga berdampak pada peningkatan kinerjanya yaitu komplain pengiriman terlambat mengalami penurunan dan kejadian truk yang rusak saat beroperasi menurun.
PT. XK merupakan perusahaan jasa transportasi yang menggunakan truk jenis trailer. Dalam operasional bisnisnya melibatkan beberapa pihak seperti pelanggan, depo kontainer, instantasi pemerintah, jasa transportasi, jasa pelabuhan dengan lokasi saling berjauhan. Operasi ini memerlukan komunikasi, interaksi dan koordinasi yang sangat tinggi sehingga order pelanggan bisa terpenuhi sesuai harapannya dan kinerja PT. XK tercapai. Kinerja yang diukur adalah jumlah komplain pengiriman terlambat, jumlah truk mengalami kerusakan saat beroperasi. Dari performa diperoleh rata-rata waktu pengerjaan 1 order membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 1.182 menit. Perbaikan dilakukan dengan menerapkan Metode Lean Thinking untuk mengidentifikasi Non Value Adding Activity, Necessary but Non Value Adding Activity dan Value adding Activity. Tahapan dilakukan dengan melakukan kuisioner, brainstorming sehingga alat bantu yang digunakan adalah Value Stream Analysis dengan fokus utama perbaikan pada Process Activity Mapping. Pemborosan terbesar yaitu waiting time, unappropriate process, excess motion dan underutilized employee. Dari brainstorming ditemukan akar permasalahannya dan usulan perbaikannya. Hasil perbaikan diperoleh waktu pengerjaan 1 order mengalami penurunan sebesar 52,81% dengan waktu delaynya berkurang atau Non Value Adding Activity dari 609,28 menit menjadi 65,55 menit sehingga berdampak pada peningkatan kinerjanya yaitu komplain pengiriman terlambat mengalami penurunan dan kejadian truk yang rusak saat beroperasi menurun. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2020-11-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review teks teks |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech/article/view/506
10.33379/gtech.v4i1.506 |
|
Source |
G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan; Vol. 4 No. 1 (2020): G-Tech Oktober 2020; 254-261
G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan; Vol 4 No 1 (2020): G-Tech Oktober 2020; 254-261 2623-064X 2580-8737 10.33379/gtech.v4i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech/article/view/506/421
|
|
Coverage |
Metode Lean Thinking
Metode Lean Thinking |
|
Rights |
Hak Cipta (c) 2020 Taqwa Nur
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|