Record Details

THE ROLE OF SOCIAL MEDIA ON THE DEVELOPMENT OF SMALL MEDIUM ENTERPRISES (SMEs)

DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title THE ROLE OF SOCIAL MEDIA ON THE DEVELOPMENT OF SMALL MEDIUM ENTERPRISES (SMEs)
PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM)
 
Creator Sari, Niki Puspita
Muhammad, Helmi
Nafisa, Adita
 
Subject Social Media
Marketing
SME's
Media Sosial
Pemasaran
UKM
 
Description Saat ini media sosial telah menjadi pemasaran yang efektif untuk berkomunikasi secara interaktif dengan konsumen. Bahkan media sosial memiliki peran penting dalam Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini ingin mengetahui penerapan media sosial dan manfaat media sosial terhadap perkembangan UKM TARAJUNIK (Tas Rajut Unik). Beberapa manfaat paling nyata dari penggunaan media sosial adalah 1) sebagai kontak pribadi dengan konsumen, 2) sebagai galeri produk, 3) sebagai media promosi, dan 4) sebagaidasar pengambilan keputusan bisnis. Selain manfaat tersebut, beberapa manfaat lain yang dirasakan adalah menyampaikan tanggapan kepada konsumen, survei pelanggan, forum diskusi online, pendataan kebutuhan konsumen, dan lain-lain.
Kata kunci: Media Sosial; Pemasaran; UKM.
Nowadays social media has become an effective marketing for communicating interactively with consumers. Even social media has an important role in integrated marketing communication (IMC). This study wants to know the implementation of social media and the benefits of social media to the development of UKM TARAJUNIK (Unique Knitting Bag). Some of the most tangible benefits of using social media are 1) as personal contact with consumers, 2) as a product gallery, 3) as a promotional media, and 4) as a basis for business decision making. In addition to these benefits, several other perceived benefits are conveying responses to consumers, customer surveys, online discussion forums, data collection on consumer needs, and others.
Keywords: Social Media; Marketing; SMEs.
 
Publisher Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2019-10-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/349
 
Source DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol. 4 No. 2 (2019): DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; 50-54
2598-781X
2502-4094
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/349/222
 
Rights Copyright (c) 2019 DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0