Peran Relawan Demokrasi (Relasi) sebagai “Election Marketer†(Studi Kasus Pemilihan Umum Legislatif 2014 di Kabupaten Pasuruan)
DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Relawan Demokrasi (Relasi) sebagai “Election Marketer†(Studi Kasus Pemilihan Umum Legislatif 2014 di Kabupaten Pasuruan)
|
|
Creator |
Abror, M.Daimul
Sunarno, Heri |
|
Description |
AbstractThe voter turnout 3 last period (1999-2009) has decreased significantly. At 1999 92.6%choseen and 7.3% abstains, at 2004 84.1% choseen and 15.9% abstains, at 2009 70.9%choosen and 29.1% abstains. (www.merdeka.com). These conditions encourage KPURI toform Volunteer Democracy (VD) as an agent that helps the socialization of Election 2014.This study aims to comprehensively assess the role of VD as "Election Marketer" in PrincipalAgency Theory (PAT) perspective. This study uses qualitative research with case studyapproach. The results are (1) Relation between KPUD Pasuruan with VD is KPUDPasuruan (principal) provide delegates to VD (agent) (2). Contract model of VD in twoaspects, the type of contract that the contract model is short Term Contracts, and the type ofboth relationship are relation between government and civil society; (3) In carrying out itsrole as election marketer, VD fulfill four criteria in PAT perspective. The weakness of themodel contract of VD are Short Term Contracts must be solved by entering into a Long TermContracts to be interwoven communication simultaneously between the government in thiscase between KPUD Pasuruan with VD as the embodiment of Civil Societies participation isrepresented by five segments groups of voters.keywords: Volunteers Democracy, Election Marketer, ElectionAbstrakTingkat partisipasi pemilih 3 periode terakhir (1999–2009) mengalami penurunan sangatsignifikan, yakni Pemilu 1999 memilih 92,6% dan Golput 7,3%, Pemilu 2004 memilih 84,1%dan golput 15,9% Pemilu 2009 memilih 70,9% dan golput 29,1%. (www.merdeka.com).Kondisi tersebut mendorong KPURI untuk membentuk Relawan Demokrasi (RELASI)sebagai agen yang membantu sosialisasi Pemilu 2014. Penelitian ini bertujuan mengkajisecara komprehensif tentang peran RELASI sebagai “Election Marketer†dalam perpektifPrincipal Agency Theory (PAT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatifdengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menghasilkan (1) Hubungan RELASI denganKPUD Kabupaten Pasuruan adalah KPUD Kabupaten Pasuruan (principal) memberikandelegasi kepada RELASI (agent) (2). Model kontrak RELASI teridentifikasi pada dua aspek,yakni dari jenis kontrak bahwa model kontrak RELASI bersifat short Term Contracts, danjenis hubungan KPUD Kabupaten Pasuruan dengan RELASI mendeskripsikan hubunganantara pemerintah dengan civil society; (3) Dalam menjalankan perannya sebagai electionmarketer, RELASI memenuhi empat persyaratan dalam perspektif PAT. Kelemahan modelkontrak RELASI yang masih bersifat Short Term Contracts harus segera dipecahkansolusinya dengan mengadakan kontrak yang bersifat Long Term Contracts agar dapatterjalin komunikasi yang simultan antara pihak pemerintah dalam hal ini KPUD KabupatenPasuruan dengan RELASI sebagai perwujudan dari Civil Societies participation yangterwakili oleh lima segmen kelompok pemilih.keywords: Relawan Demokrasi, Election Marketer, Pemilihan Umum
|
|
Publisher |
Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2017-02-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/239
|
|
Source |
DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol. 2 No. 1 (2017): DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; 155-166
2598-781X 2502-4094 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/239/137
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
|
|