MENGOPTIMALISASIKAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN
DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENGOPTIMALISASIKAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN
|
|
Creator |
Hayat, Hayat
Hidayah, Laily |
|
Description |
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan pelayanan publik dalam pembuatanakta kelahiran. Untuk mengoptimalkan pelayanan pembuatan akte kelahiran,dibutuhkan konsep yang komprehenship dalam pelaksanaannya sehingga berimplikasisecara positif. Kebijakan pemimpin mempunyai dampak yang besar terhadapperubahan menjadi lebih baik untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerjapelayanan publik dalam pembuatan akte kelahiran. Pelayanan publik yang optimal,tentunya mempunyai indikasi pelayanan yang berkualitas dan prima. Pencapaian goodgovernance tidak lepas dari peran strategis aparatur yang berkualitas, professional danakuntabel dalam kinerja pelayanan publik. Aparatur pelayanan publik menjadi titiksentral dalam optimalisasi kinerja pelayanan publik. Metode penelitian ini dilakukandengan survey kepada obyek penelitian, kemudian dilakukan wawancara secaramendalam kepada penyedia pelayanan dan pengguna pelayanan. Disamping itu, datadokumentasi juga disiapkan sebagai data pendukung. Selanjutnya dilakukan analisisterhadap pelayanan pembuatan akta kelahiran berdasarkan hasil survey, keteranganketeranganpihak yang diwawancara serta dukungan data dokumen yang telah dipilahdan dipilih untuk melengkapi keakuratan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pelayanan pembuatan akte kelahiran yang dilakukan di Dinas Kependudukandan Catatan Sipil Kabupaten sudah dilakukan secara berkesinambungan.Kata kunci: optimalisasi, kebijakan publik, pelayanan publik, akte kelahiranAbstractThe purpose of this study is to optimize the public service in the birth certificate. Tooptimize the service birth certificates, needed komprehenship concept in itsimplementation so that the implications are positive. Policy leaders have a majorimpact on the change for the better in order to maximize and optimize the performanceof public services in the manufacture of a birth certificate. Public services are optimal,of course, have an indication of quality service and excellence. Achievement of goodgovernance can not be separated from the strategic role of qualified personnel,professional and accountable in the performance of public services. Apparatus publicservices become a central point in optimizing the performance of public services. Thisresearch method survey conducted by the research object, and then conducted detailedinterviews to service providers and service users. In addition, the data also prepareddocumentation as supporting data. Furthermore, analyzing the birth certificate ofservice based on the survey results, informations the interviewee as well as support fordocument data that has been sorted and selected to complement the accuracy ofresearch data. The results showed that birth certificates services performed in theDepartment of Population and Civil Registration District has been done on an ongoingbasis.Keywords: optimization, public policy, public services, birth certificates
|
|
Publisher |
Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang
|
|
Date |
2017-02-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/236
|
|
Source |
DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol. 2 No. 1 (2017): DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; 103-120
2598-781X 2502-4094 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/236/134
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
|
|