Record Details

PENGARUH MOTIVASI DAN MENTAL BERWIRAUSAHA TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA MAHASISWA STIE CANDA BHIRAWA KEDIRI: (STUDI KASUS MAHASISWA STIE CANDA BHIRAWA KEDIRI)

DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MOTIVASI DAN MENTAL BERWIRAUSAHA TERHADAP JIWA BERWIRAUSAHA MAHASISWA STIE CANDA BHIRAWA KEDIRI: (STUDI KASUS MAHASISWA STIE CANDA BHIRAWA KEDIRI)
 
Creator -, Sinollah
Kumala Sari, Anita
 
Description Pengaruh pendidikan kewirausahaan selama ini telah dipertimbangkan sebagaisalah satu faktor penting untuk menumbuhkan dan mengembangkan hasrat, jiwa danperilaku berwirausaha di kalangan generasi muda. Terkait dengan pengaruhpendidikan kewirausahaan tersebut, diperlukan adanya pemahaman tentangbagaimana mengembangkan dan mendorong lahirnya wirausaha – wirausaha mudayang potensial sementara mereka berada di bangku sekolah. Beberapa penelitiansebelumnya menyebutkan bahwa keinginan berwirausaha para mahasiswamerupakan sumber bagi lahirnya wirausaha – wirausaha masa depan.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh motivasi dan mental berwirausaha terhadap jiwa berwirausaha pada mahasiswa STIE Canda Bhirawa Kediri. Untuk mendapatkan sampel yang dibutuhkan maka dilakukan sensus dengan cara wawancara langsung dengan mahasiswa. Setelah dilakukan sensus mahasiswa STIE Canda Bhirawa Kediri yang berwirausaha sejumlah 30 orang. Karena populasi < 100 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data primer berupa kuesioner. kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitaitf dan diuji dengan uji z dan uji t.Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa kesesuaian model analisisregresi yang dihasilkan cocok untuk mengetahui pengaruh motivasi dan mental berwirausaha terhadap jiwa wirausaha mahasiswa STIE Canda Bhirawa. Untuk itu perlu motif dan mental dalam berwirausaha di kalangan mahasiswa ini harus dipelihara bahkan mungkin di elaborasi oleh pengelola (perguruan tinggi khususnya) ke dalam kurikulum dalam memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memasuki dunia kerja setelah lulus. Kelemahan dari penelitian ini hanya pada sampel mahasiswa di satu perguruan tinggi. Disarankan untuk penelitian lebih lanjut untuk menggunakan sampel lebih besar dengan beberapa perguruan tinggi agar dapat membuat generalisir lebih bagus, selain itu dapat membuat pembedaan mengenai motivasi dan mental berwirausaha antara mahasiswa dan mahasiswi, dimana dalam penelitian ini ternyata 67% yang berwirausaha adalah mahasiswi.
 
Publisher Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2018-01-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/71
 
Source DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol. 1 No. 2 (2016): DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; 124-137
2598-781X
2502-4094
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/71/81
 
Rights Copyright (c) 2016 DIALEKTIKA