Record Details

GLOBAL STEREOTYPE: PENGARUH PROPAGANDA MEDIA GLOBAL TERHADAP DUNIA ISLAM PASCA 9/11

DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title GLOBAL STEREOTYPE: PENGARUH PROPAGANDA MEDIA GLOBAL TERHADAP DUNIA ISLAM PASCA 9/11
 
Creator Kusdianita, Sevy
 
Description Peristiwa 9/11 membawa perubahan yang signifikan terhadap sistem internasional yang sebelumnya masih terpusat kepada pengaruh negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris secara langsung, kini bergeser kepada pengaruh raksasa media global seperti CNN, Reuters, dan BBC. Melalui pergeseran pengaruh inilah agenda penting yang berhubungan dengan peristiwa 9/11 menarik perhatian dunia, yakni Global War on Terrorism yang berhubungan erat dengan Dunia Islam. Propaganda yang dilakukan oleh media global mampu membentuk persepsi berupa global stereotype yang selalu memunculkan representasi buruk terhadap Dunia Islam, yakni bahwa Islam adalah teroris. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana media global menggambarkan Islam dan bagaimana mereka mampu membentuk persepsi secara global melalui perspektif Electronic Colonialism Theory, serta reaksi Dunia Islam terhadapnya.Kata Kunci: Islam, media global, propaganda, representasi
 
Publisher Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang
 
Date 2017-04-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/42
10.36636/dialektika.v1i1.42
 
Source DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol. 1 No. 1 (2016): DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
2598-781X
2502-4094
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/article/view/42/469
 
Rights Copyright (c) 2017 DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0