Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DI TK BINAAN

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS PENGAWAS UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DI TK BINAAN
 
Creator Isti'anah, Isti'anah
 
Subject
Kemampuan guru, Supervisi klinis, Peningkatan capaian mutu
 
Description Penelitian tindakan ini dimaksudkan untuk peningkatan capaian mutu sekolah melalui supervisi klinis yang dilakukan oleh pengawas kepada guru dalam lingkup binaannya. Objek penelitian sebanyak 15 guru di TK binaan wilayah kecamatan sukodadi kabupaten Lamongan pada tahun pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembinaan Pengawas dalam upaya meningkatkan kemampuan guru TK melalui Supervisi klinis pengawas menunjukkan peningkatan pada tiap siklus; 2) aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukkan bahwa seluruh guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam setiap aspek; 3) peningkatan kemampuan guru TK oleh Pengawas melalui Supervisi klinis pengawas ini menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya; 4) aktivitas pengawas menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui melalui Supervisi klinis pengawas bermanfaat dan dapat membantu guru TK untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kemampuan guru TK dapat meningkat.

Keyword: Kemampuan guru, Supervisi klinis, Peningkatan capaian mutu
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/111
10.30736/rfma.v8i1.111
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 155-166
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 1 (2019); 155-166
2621-4172
2503-1228
10.30736/rfma.v8i1
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/111/108
 
Rights ##submission.copyrightStatement##