Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN

Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
 
Creator Hermiwati, Luluk
 
Subject
Metode Bermain Peran (Role Playing)
 
Description Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan apresiasi drama materi sekitar proklamasi dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing ) pada pokok bahasan drama pendek yang dilakukan di kelas XI IIS-1 SMA Negeri 1 Ngimbang tahun pelajaran 2017/2018 dan melihat bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi drama. Pada Penilitian Tindakan Kelas ini peneliti mengambil populasinya yakni kelas tinggi (4,5,6 ) pada SMA Negeri 1 Ngimbang akan tetapi yang menjadi sampel penelitian ini pada kelas XI IIS-1 yang berjumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak maka peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I dan siklus II ternyata mengalami peningkatan kemampuan apresiasi drama materi sekitar proklamasi kearah yang lebih baik walaupun tidak secara signifikan, ini menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan metode bermain peran ini harus lebih ditingkatkan lagi. Dari hasil perhitungan berdasarkan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 66,02 dan mengalami peningkatan menjadi rata-rata 70,25 pada siklus II. Dari data-data hasil penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran ini dapat meningkatkan apresiasi drama pendek materi sekitar proklamasi pada anak-anak kelas XI IIS-1. Hasil positif ini ditunjukkan dengan mulai meningkatnya rasa kepercayaan diri anak dalam memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang diinginkan seperti dalam teks drama pendek tersebut. Dengan mulai meningkatnya rasa percaya diri ini memberi efek positif dan merupakan modal dalam mengembangkan apresiasi terhadap drama pendek pada materi sekitar proklamasi.

Kata kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing)
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/216
10.30736/rf.v8i2.216
 
Source Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 221-228
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 221-228
2621-4172
2503-1228
10.30736/rf.v8i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/216/202
 
Rights ##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0