PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI DRAMA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN
|
|
Creator |
Hermiwati, Luluk
|
|
Subject |
—
Metode Bermain Peran (Role Playing) |
|
Description |
Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan apresiasi drama materi sekitar proklamasi dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing ) pada pokok bahasan drama pendek yang dilakukan di kelas XI IIS-1 SMA Negeri 1 Ngimbang tahun pelajaran 2017/2018 dan melihat bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam mengapresiasi drama. Pada Penilitian Tindakan Kelas ini peneliti mengambil populasinya yakni kelas tinggi (4,5,6 ) pada SMA Negeri 1 Ngimbang akan tetapi yang menjadi sampel penelitian ini pada kelas XI IIS-1 yang berjumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak maka peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I dan siklus II ternyata mengalami peningkatan kemampuan apresiasi drama materi sekitar proklamasi kearah yang lebih baik walaupun tidak secara signifikan, ini menunjukkan bahwa penelitian dengan menggunakan metode bermain peran ini harus lebih ditingkatkan lagi. Dari hasil perhitungan berdasarkan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 66,02 dan mengalami peningkatan menjadi rata-rata 70,25 pada siklus II. Dari data-data hasil penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran ini dapat meningkatkan apresiasi drama pendek materi sekitar proklamasi pada anak-anak kelas XI IIS-1. Hasil positif ini ditunjukkan dengan mulai meningkatnya rasa kepercayaan diri anak dalam memerankan tokoh sesuai dengan karakter yang diinginkan seperti dalam teks drama pendek tersebut. Dengan mulai meningkatnya rasa percaya diri ini memberi efek positif dan merupakan modal dalam mengembangkan apresiasi terhadap drama pendek pada materi sekitar proklamasi. Kata kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing) |
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/216
10.30736/rf.v8i2.216 |
|
Source |
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 221-228
Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 8, No 2 (2019); 221-228 2621-4172 2503-1228 10.30736/rf.v8i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/216/202
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|